Bolehkah Kita Berolahraga Keluar Rumah Ketika Udara Sedang buruk?

By , Selasa, 29 Maret 2016 | 07:00 WIB

Untuk sebagian besar orang di negara sub tropis, musim semi menawarkan sebuah dilema yang kejam. Cuaca indah dan Anda ingin pergi keluar untuk berjalan-jalan, berlari atau mengendarai sepeda. Namun terkadang udara musim semi penuh dengan serbuk-serbuk bunga yang dapata menyebabkan mata gatal, hidung meler , sakit kepala dan penyebab utama lainnya dari gejala alergi.

Jika anda menderita alergi musiman yang parah, berolahraga atau melakukan treadmill di dalam rumah adalah ide yang paling terbaik.

baca juga : Benarkah Makanan Jatuh ke Lantai Rentan Terkontaminasi Bakteri?

"Saya benar-benar menyarankan untuk para pasien yang menderita alergi parah untuk menghindari berolahraga di luar rumah dengan jumlah serbuk sari bunga sedang sangat tinggi," kata Dr Neeta Ogden , seorang ahli alergi dari New York dan juru bicara American College of Allergy, Asthma and Immunology (ACAAI).

"Penderita alergi yang parah atau penderita asma harus mengerti bahwa mereka tidak akan bisa menikmati kegiatan di luar rumah meskipun cuaca di luar sangat indah."

Namun, jika gejala yang anda derita relatif rendah atau masih bisa dibantu dengan obat alergi, anda tentu dapat berolahraga di luar ruangan dan memahami secara bijak olahraga apa yang cocok dengan anda.

Sebagai permulaan, pilihlah waktu olahraga anda dengan bijaksana, saran ACAAI. Berada di dalam rumah semampu anda sewaktu menjelang siang dan sore hari ketika jumlah serbuk sari berada di puncaknya. Kemudian hindari pula berada di luar rumah ketika hari-hari sedang berangin. Sebaliknya, anda bisa pergi keluar rumah ketika awal pagi atau larut malam ketika jumlah serbuk sari lebih rendah.

Baca juga : Yoga, Alternatif untuk Para Penderita Masalah Jantung

Menggunakan kacamata hitam ketika berada di luar juga dapat meminimalkan kemungkinan serbuk sari tersebut masuk ke dalam mata anda.

Kurangin intensitas rutin anda. Ketika memasuki musim alergi, jumlah serbuk sari tidak pernah nol. Di luar sana selalu ada serbuk sari yang siap untuk mengiritasi paru-paru, mata atau tenggorokkan. Ketika anda kembali ke dalam rumah, gantilah pakaian anda dan mandi. Dengan begitu anda tidak akan membuat serbuk sari yang anda dapatkan ketika di luar berada di dalam rumah sepanjang hari. (Lakukan pula hal serupa pada kaki hewan peliharaan anda setelah ia kembali dari luar rumah)Serbuk sari bukanlah hal satu-satunya yang dapat mempengaruhi kualitas udara untuk melakukan olahraga luar ruangan.

Biasanya, ketika temperatur mulai menghangat pada musim panas, hal tersebut juga berarti bahwa kualitas udara disana menjadi lebih buruk. Ozon sering memburuk pada hari-hari panas, khususnya pada sore dan awal malam hari, menurut Environmental Protection Agency (EPA).

EPA menyarankan beberapa tips untuk melakukan kegiatan olahrga ketika tingkat polusi udara sedang meningkat:

1. Rencanakan kegiatan olahraga pada saat awal pagi