Mengantuk Sepanjang Hari? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

By , Senin, 4 April 2016 | 13:00 WIB

Dekorasi, perabot dan pilihan gaya hidup, dapat memengaruhi otak dan pola tidur. Inilah hal-hal di dalam rumah yang berefek negatif pada waktu istirahat dan membuat Anda kerap mengantuk sepanjang hari:

1. Suasana kamar

Suasana kamar yang tidak berantakan akan menyebabkan Anda merasa lelah: Sebuah studi dari Neuroscience Institute Princeton University menemukan, bahwa suasana lingkungan yang tidak bersih dan tidak terorganisir dengan baik dapat memunculkan energi negatif dan menyebabkan mental Anda menjadi stres, yang akhirnya meningkatkan level kelelahan Anda.

2. Dinding berwarna biru

Sebuah studi oleh jaringan hotel Travelodge yang mengevaluasi warna kamar tidur di 2.000 rumah, menemukan bahwa dinding berwarna biru akan memperlambat detak jantung dan mengurangi tekanan darah, sehingga membuat Anda merasa mengantuk.

Warna biru tidak dianjurkan untuk digunakan di dalam rumah, baik itu kamar tidur maupun ruangan lain di rumah Anda.

3. TV

Televisi, komputer dan tablet memancarkan gelombang biru yang menghalangi otak memroduksi melatonin (senyawa kimia yang membuat Anda merasa lelah dan membantu Anda tertidur).

Menonton TV atau menatap layar komputer dan tablet sebelum waktu tidur dapat membuat Anda terjaga lebih lama. Alhasil, waktu tidur berkurang dan ini menyebabkan Anda merasa lelah di hari berikutnya.4. Mesin pembuat kopi

Meskipun gadget yang satu ini sangat berguna di pagi hari, tapi jika digunakan pada sore atau malam, bisa menjadi alasan Anda menunda memejamkan mata, saat sudah seharusnya Anda terlelap.

Kafein adalah stimulan yang dapat meningkatkan level energi Anda. Namun, tidak semua orang menjadi terjaga karena minum kafein. Ada orang yang secara genetik justru mengantuk setelah meminum kopi.

5. Isi mini bar

Red wine di dalam mini bar Anda memang bisa membuat Anda mengantuk setelah meminumnya. Tapi, kualitias tidur Anda tidak akan sempurna.