Napak Tilas 40 Tahun Apple Berdiri

By , Senin, 4 April 2016 | 09:00 WIB

Dampak yang diwariskan oleh pendirinya, Steve Jobs dan Steve Wozniak, tidak terbayangkan ketika perusahaan itu didirikan pada tanggal 1 April, 1976. (Baca : FBI Sudah Temukan Cara Meretas iPhone Teroris Tanpa Bantuan Apple)

Insinyur Bob Lash membuat komputer rumahan pada sekitar pertengahan 1970-an. Dia mengatakan ketika itu, komputer adalah perangkat yang hanya dimiliki oleh universitas terkenal dan perusahaan besar.

“Jika orang menginginkan akses ke komputer untuk penggunaan pribadi, satu-satunya cara adalah membangun sendiri komputer itu,” kata Bob Lash.

Jadi, itulah yang dilakukan oleh Bob Lash dengan Homebrew Computer Club, sebuah kelompok hobi yang anggotanya termasuk beberapa tokoh yang kemudian terkenal di Silicon Valley, seperti salah seorang pendiri Apple Steve Wozniak. Suatu malam Wozniak hadir dengan komputer Apple pertama. Komputer itu lebih kecil dan lebih lengkap daripada kebanyakan komputer ketika itu.

Bob Lash mengenang masa itu dan mengatakan, “Saya rasa itu keren. Gagasan bahwa orang bisa memiliki komputer berperangkat tunggal yang dipasangi keyboard dan siap digunakan, itu bagus.”

Prinsip mengenai barang yang keren, sederhana, dan berdaya guna itu kemudian menjadi salah satu tema Apple. Perusahaan Apple sebenarnya tidak menciptakan komputer pribadi, MP3 player atau telepon pintar(smartphone), kata Dag Spicer, kurator Museum Sejarah Komputer.

(Baca juga : Kinerja Jam Pintar Apple Terhalangi Tato di Pergelangan Tangan)

“Penemuan itu apa? Apakah Anda selalu harus menciptakan sesuatu yang baru, atau Anda dapat mengambil sesuatu yang sudah ada dan mengatur ulang serta membuatnya indah?,” kata Dag Spicer?.

Indah dan mudah digunakan adalah keunggulan Steve Jobs. Sebuah terobosan besar muncul pada tahun 1984 dengan komputer Macintosh. “Komputer itu tidak besar dan tidak menakutkan, dan bahkan benar-benar tidak kelihatan seperti komputer. Jadi itu merupakan keputusan psikologis yang besar, dilakukan dengan sengaja, dengan sangat sadar, sehingga komputer sedapat mungkin dibuat ramah dan tidak menakutkan,” jelas Kurator Museum Sejarah Komputer Dag Spicer. 

Macintosh memperkenalkan penggunaan komputer dengan cara “tunjuk dan klik” itu ke masyarakat.

 “Anda tahu, sangat menakjubkan. Gagasan itu sangat mencengangkan,” kata Bruce Damer, kurator dan pemilik museum komputer DigiBarn.

Bruce Damer mengoleksi benda-benda bersejarah terkait komputer di museum DigiBarn di luar Silicon Valley. 

Dia mengatakan sebelum ada Macintosh, orang harus menggunakan bahasa khusus untuk mengoperasikan komputer.