Mengapa Banyak Sekali Laki-laki Vietnam yang Bernama Nguyen?

By Utomo Priyambodo, Jumat, 17 Desember 2021 | 08:00 WIB
Enam dari 11 pemain yang mengisi starting lineup timnas Vietnam saat bertanding melawan timnas Indonesia semalam memiliki nama Nguyen. (AFF Championship)

Nationalgeographic.co.id—Enam dari 11 pemain yang mengisi starting lineup timnas Vietnam saat bertanding melawan timnas Indonesia pada Rabu malam lalu memiliki nama Nguyen. Mengapa banyak sekali orang bernama Nguyen yang mengisi timnas sepakbola Vietnam? Apakah orang-orang yang bernama Nguyen di Vietnam memang memiliki bakat khusus yang tinggi di bidang sepakbola?

Tentu saja bukan itu alasannya. Penyebab sebenarnya adalah banyak laki-laki Vietnam yang bernama Nguyen. Jadi di bidang apa pun di Vietnam, kita pasti akan sering menemui orang-orang bernama Nguyen.

Sebagai contoh, presiden Vietnam saat ini bernama Nguyen Xuan Phuc. Lalu ada mantan perdana menteri Vietnam, yang menjabat sejak 2006 hingga 2016, bernama Nguyen Tan Dung. Mantan presiden negara itu, yang memerintah dari 2006 hingga 2011, juga bernama Nguyen Minh Triet.

Selama tahun 1960-an yang kacau, ketika Vietnam dilanda perang saudara berdarah yang melibatkan militer Amerika Serikat, ada sejumlah pemimpin negara mereka yang bernama Nguyen. Para pemimpin itu antara lain Nguyen Ngoc Tho, Nguyen Khánh, Nguyen Xuân Oánh, Nguyen Cao Ky, Nguyen Van Thieu, dan Nguyen Văn Loc.

Di Amerika Serikat, orang-orang bernama Vietnam-Amerika terkemuka (yang umumnya mengadopsi kebiasaan Barat menempatkan nama keluarga mereka di akhir) memiliki nama Nguyen juga. Mereka misalnya adalah aktor Dustin Nguyen, pembawa berita Betty Nguyen dan Leyna Nguyen, sutradara film Steve Nguyen, pengusaha teknologi Bill Nguyen, penulis Kien Nguyen, penyair Nguyen Chí Thien, hakim Pengadilan Sirkuit AS Jacqueline Nguyen, pemain sepak bola Dat Nguyen, pencipta "Flappy Bird" Dong Nguyen dan anggota parlemen California Janet Nguyen. Dan akhirnya, tokoh Vietnam paling terkenal di abad ke-20, yakni pemimpin revolusioner Ho Chi Minh, sebenarnya bernama Nguyen Sinh Cung.