5 Kasus Pembunuhan di Awal Abad 19 yang Tak Terungkap

By , Kamis, 14 April 2016 | 10:00 WIB

Meskipun sebagian besar pembunuhan diselesaikan relatif cepat, namun ada beberapa kasus selamanya menjadi misteri karena berada di luar jangkauan pemerintah dan orang-orang yang mencari keadilan. Berikut ini adalah 5 kasus pembunuhan di awal abad 19 yang tak terungkap. 

1. Pria Kapak New Orleans( 1918-1919)

Pada malam tanggal 22 Mei 1918. Jake dan Andrew Maggio dikejutkan dengan pemandangan mengerikan. Jake dan Andrew menemukan saudara lelaki mereka yang sekarat dan istrinya yang telah tewas dengan dibantai secara brutal menggunakan kapak. Keduanya merupakan korban pertama dari orang yang dikemudian hari dikenal dengan julukan Pria Kapak New Orleans.

Selama 18 selanjutnya, pembunuh misterius ini menghilangkan nyawa lebih dari 10 orang di rumah mereka masing-masing. Namun, tak pernah ada barang yang diambil dari tempat tinggal korban. Hingga hari ini, identitas pembunuh tak diketahui, meskipun ada banyak teori yang beredar.

Fakta bahwa korban kebanyakan berkebangsaan Italia-Amerika menunjukkan bahwa motif pembunuhan berlatar belakang suku atau memiliki hubungan dengan mafia atau kelompok kriminal yang terorganisir. Teori lain menyatakan bahwa target utama pembunuh adalah wanita.

Beberapa tahun kemudian, kriminolog Colin dan Damon Wilson berteori bahwa Pria Kapak hanya membunuh pria jika mereka menghalanginya untuk membunuh wanita. Teori ini didukung oleh kasus pembunuhan seorang ibu rumah tangga, namun suaminya yang tidak menyadari kehadiran si pembunuh, tidak ikut dibunuh.

Pembunuhan oleh Pria Kapak yang terakhir terjadi pada 27 Oktober 1919, ketika Mike Pepitone dibunuh di kamarnya. Ada beberapa nama tersangka yang sudah dikantongi penyelidik saat itu selama bertahun-tahun. Colin dan Damon Wilson yakin bahwa pembunuhnya adalah Joseph Momfre, seorang pria yang ditembak mati pada tahun 1921, oleh seorang wanita yang mengaku sebagai janda Pepitone.

Sementara kriminolog lain, Richard Warner mengklaim bahwa tersangka utama yang menjadi Pria Kapak ialah Frank “Doc” Mumphrey, seorang pria yang baru-baru saja pindah dari New Orleans ke Los Angeles dan memiliki hubungan dengan keluarga-keluarga mafia. Mumphrey juga menggunakan nama samara “Leon Joseph Monfre”.!break!

2. Pembunuhan Nora Fuller (1902)

Pada 10 Januari 1902 di San Francisco, gadis berusia 15 tahun bernama Nora Fuller melihat sebuah iklan di an Francisco Chronicle yang mencari “gadis muda penjaga bayi—rumah nyaman dan upah menarik”. Ia kemudian berbicara dengan ibunya dan melamar pekerjaan itu.

Hari berikutnya, sebuah kartu pos tiba di rumah keluarga Fuller, meminta Nora untuk datang ke sebuah restoran terkenal untuk wawancara dengan John Bennett. Dengan gembira, Nora meninggalkan rumahnya pada pukul 5 sore untuk janji bertemu pukul 6 sore. Beberapa jam kemudian, Nora menelepon rumah untuk mengatakan bahwa Tuan Bennett menginginkan ia bekerja secepatnya. Itulah terakhir kalinya orang mendengar kabar darinya.

Sekitar pukul 5 hari itu, seorang yang telah dikenal baik oleh pegawai restoran memberitahukan kepada para pegawai bahwa ia tengah menunggu seorang gadis muda dan meminta mereka untuk mengarahkan gadis itu ke meja yang telah dipesannya ketika gadis tersebut tiba. Kemudian, ia menghilang begitu saja dari restoran. Semua petunjuk mengarahkan bahwa pria tersebut adalah John Bennett, seseorang yang membuat janji bertemu dengan Nora, meskipun tak diketahui apakan Nora benar-benar bertemu dengannya atau tidak.

Pada 16 Januari, lima hari setelah Nora meninggalkan rumahnya, Ibunda Nora, Nyonya Fuller menghubungi polisi untuk melaporkan hilangnya Nora. Hampir tiga minggu kemudian, tubuh Nora ditemukan saat inspeksi rutin perusahaan di bangunan yang baru saja dikosongkan.