Temuan Terbaru: Kaki Seribu Berkaki Terbanyak, Berapa Jumlah Kakinya?

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 22 Desember 2021 | 16:00 WIB
Persephone Eumillipes betina dengan 330 segmen dan 1.306 kaki. (Paul E. Marek, Bruno A. Buzatto, William A. Shear, Jackson C. Means, Dennis G. Black, Mark S. Harvey, Juanita Rodriguez, Laporan Ilmiah)

Nationalgeographic.co.id—Spesies kaki seribu yang baru ditemukan belum lama ini memiliki lebih banyak kaki daripada makhluk lain mana pun di planet ini. Ya kaki seribu ini memiliki 1.300 kaki. Makhluk berkaki panjang ini hidup jauh di bawah permukaan bumi dan merupakan satu-satunya kaki seribu yang diketahui hidup sesuai dengan namanya.

"Kata 'kaki seribu' selalu sedikit keliru," kata Paul Marek, ahli entomologi di universitas Virginia Tech dan penulis utama studi yang menggambarkan spesies yang baru ditemukan itu.

Semua kaki seribu lainnya yang dikenal Kaki seribu kaki jauh lebih sedikit daripada namanya, dengan banyak spesies memiliki kaki kurang dari 100. Sampai sekarang, pemegang rekor adalah spesies yang disebut Illacme plenipes, penghuni tanah dalam yang diketahui memiliki 750 kaki.

Tetapi spesies yang baru ditemukan, Eumilipes persephone - dinamai Persephone, putri Zeus yang dibawa oleh Hades ke dunia bawah - adalah hewan paling terkenal di planet ini. Satu spesimen yang dianalisis Marek memiliki 1.306 kaki, yang memecahkan rekor saat ini.

Pemegang rekor dunia baru adalah makhluk pucat tanpa mata dengan tubuh panjang seperti benang yang hampir 100 kali lebih panjang daripada lebarnya. Kepalanya yang berbentuk kerucut memiliki antena besar untuk menavigasi dunia gelap yang diatur oleh feromon, dan paruh yang dioptimalkan untuk memakan jamur. Kakinya sulit dihitung karena hewan itu cenderung melilit seperti pegas arloji kecil, kata Marek.