Investigasi Mumi Pria Tua Croghan, Jasad di Rawa-rawa Irlandia

By Maria Gabrielle, Senin, 20 Desember 2021 | 10:00 WIB
Bagian tangan pria tua Croghan. (Flickr/Doevos)

Nationalgeographic.co.id—Nama Pria Tua Croghan atau Old Croghan Man diberikan kepada jasad seorang pria yang ditemukan pada tahun 2003 lalu di Irlandia. Jasad pria dari Zaman Batu ini terpelihara dengan baik saat didapati oleh para pekerja ketika membersihkan selokan drainase melalui rawa-rawa.

Sesuai namanya Pria Tua Croghan ditemukan di dekat Bukit Croghan, bagian utara Daingean, County Offaly. Sebelumnya, pada bulan Februari di tahun yang sama ditemukan jasad di rawa lain dan dikenal sebagai Manusia Clonycavan.

Dilansir dari Ancient Origins, Bukit Croghan dan Clonycavan terpisah jarak sekitar 40kilometer. Pada temuan di Clonycavan diketahui bagian lengan, tangan dan perut bagian bawahnya hilang.

Pria Tua Croghan juga ditemukan dengan tubuh yang tidak lengkap. Kepala dan anggota tubuh bagian bawahnya hilang saat ditemui. Setelah ditemukan, berbagai analisis dilakukan yang memungkinkan para peneliti untuk mengekstrak berbagai informasi.

Sebagai informasi, bagian dari Bog Bodies Research Project ini didirikan tahun 2003. Melibatkan 35 spesialis yang bekerja sama dengan staf dari Divisi Barang Antik Irlandia dan Departemen Konservasi Museum Nasional Irlandia untuk mengekstrak informasi dari tubuh yang ditemukan.

Dari analisis yang dilakukan selama proyek ini memungkinkan interpretasi baru mengenai Zaman Besi Celtic, periode di mana Pria Tua Croghan ini hidup. Menurut penanggalan radiokarbon, Pria Tua Croghan hidup pada periode puncak Zaman Celtic Besi, antara tahun 362 dan 175 SM. Kala itu, Celtic di Irlandia dibagi menjadi 150 kerajaan dan masing-masing dengan penguasanya sendiri. Ada spekulasi bahwa Pria Tua Croghan mungkin salah satu penguasa di zaman tersebut.