Tak Hanya Gili Trawangan, Ini 5 Gili "Anti-Mainstream" di Lombok

By , Minggu, 8 Mei 2016 | 14:00 WIB

Di Lombok, ada "trio gili" yang sangat terkenal karena keindahan pantainya, yaitu, Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Berangkat ke gili tersebut dari Lombok bisa ditempuh dengan naik kapal dari Pelabuhan Bangsal.

Namun, sebenarnya masih ada pulau atau gili lain yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Lokasi gili-gili tersebut bisa dijangkau dari dermaga Tawun di Kecamatan Sekotong.

Berikut adalah lima gili "anti mainstream" di Lombok yang dihimpunKompasTravel bisa sebagai referensi liburan.

Gili Nanggu

Gili Nanggu adalah pulau yang masuk dalam wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Untuk menuju Gili Nanggu, wisatawan dapat naik perahu dari Sekotong. Di sana, wisatawan bisa sekedar bersantai untuk menikmati panorama pantai berpasir putih halus, menyelam, dan berenang di air laut yang biru.

Gili Sudak

Gili yang dikenal dengan nama Gili Sudak ini terletak di Dusun Batu Kijuk, Desa Medang, Kecamatan Sekotong Barat, Lombok Barat. Di Gili Sudak, bersiaplah merasakan keindahan bawah lautnya yang menawan, terumbu karang dengan ukuran besar, ikan-ikan kecil berwarna-warni, dan bintang laut. 

Untuk penginapan, di sini sudah tersedia resor yang bisa disewa. Bangunannya pun sangat khas menggunakan elemen kayu dan bergaya otentik.

Jangan lupa untuk bermain di air laut nan tenang dan bening menembus dasar lautan. Cobalah untuk bermain kayak berkeliling menikmati keindahan di sekitar gili Sudak.

Gili Tangkong

Di antara Gili Sudak dan Gili Nanggu, Anda bisa menemukan Gili Tangkong yang secara administratif berada di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Untuk mencapainya bisa melalui Dermaga Tawun di Sekotong naik kapal katingting.

Di Gili Tangkong, Anda bisa melakukan snorkeling melihat warna-warni ikan serta terumbu karang. Jika malas menyelam, Anda bisa sekedar bersantai di pasir pantai Gili Tangkong yang bersih.

Sejumlah wisatawan Nusantara bertolak dari Dermaga Tawun di Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, menuju ke Gili Nanggu, sebuah pulau di tengah laut yang menawarkan wisata berenang di air laut jernih, menyelam, dan bercengkerama dengan ikan yang hidup di terumbu karang. Sekotong menjadi destinasi favorit kedua setelah Senggigi yang ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara. (RUNIK SRI ASTUTI / KOMPAS.COM)