10 Kota dengan Polusi Udara Terburuk di Planet Bumi

By , Jumat, 20 Mei 2016 | 10:00 WIB

Polusi udara perkotaan terus meningkat dan, sedikit mengejutkan, mereka yang tinggal di beberapa kota termiskin di dunia, justru menghirup polusi udara tersebut. (Baca : Bagaimana Rasanya Hidup di Tempat Paling Tercemar di Dunia ?)

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), merilis data yang menunjukkan lebih dari 80 persen penduduk kota di seluruh dunia terpapar polusi partikulat dengan dosis melebihi batas yang direkomendasikan WHO

"Polusi udara perkotaan terus meningkat pada tingkat yang mengkhawatirkan, mendatangkan malapetaka pada kesehatan manusia," Dr. Maria Neira, WHO direktur kesehatan masyarakat, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Hari ini, tidak ada negara yang berisiko lebih besar dari India. Bahkan, negara padat di Asia Selatan ini merupakan rumah bagi 22 dari 50 kota paling tercemar di dunia, menurut data.

"Hal ini menunjukkan polusi udara saat ini merupakan krisis nasional dan perlu tindakan nasional yang ketat dan agresif di seluruh kota India," ungkap Anumita Roychowdhury, dari Pusat berbasis di New Delhi untuk Sains dan Lingkungan. Ia mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Pada daftar WHO dari polusi udara rata-rata tahunan di kota-kota di seluruh dunia, China menyumbang 8 dari 50 lokasi dengan kualitas udara terburuk, sementara Arab Saudi dan Bangladesh dihitung empat masing-masing.

Kota Iran, Zabul, berjibaku dengan 80 badai debu per tahun, yang ditemukan memiliki polusi udara terburuk dari setiap kota di planet ini. Datang pada 1080 dalam daftar adalah Visalia, California, kota paling tercemar di Amerika Serikat.

Salah satu kisah sukses adalah ibukota India, New Delhi, turun dari 11 pada daftar setelah menduduki peringkat No 1, dua tahun sebelumnya. (Baca pula : Sebanyak 900 Juta Penduduk India Tidak Dapat Mengakses Internet)

WHO memperingkat kota dengan konsentrasi rata-rata harian PM 2,5, partikel halus dari debu, kotoran, jelaga dan asap dengan diameter kurang dari 2,5 mikrometer. Karena ukurannya yang kecil (sekitar 1/30 lebar rambut manusia), PM 2,5 polutan dianggap paling berbahaya bagi kesehatan manusia, karena mereka dapat masuk dalam ke dalam paru-paru. Sehingga WHO membatasi besaran partikel untuk tidak lebih dari 10 mikrogram PM 2,5 per meter kubik.

Inilah 10 kota dengan udara paling tercemar, bersama dengan rata-rata tingkat tahunan partikulat (PM 2.5)

1 Zabul, Iran – 217

2 Gwalior, India – 176

3 Allahabad, India – 170