Traveler, Jangan Selfie di Tempat-tempat Ini!

By , Rabu, 18 Mei 2016 | 19:00 WIB

Swafoto atau selfie menjadi agenda wajib bagi para traveler saat mengunjungi tempat-tempat menarik. Foto selfie bisa dijadikan souvenir dari sebuah perjalanan, selama kita mengikuti etika selfie. Tapi ada beberapa tempat yang seharusnya tidak dijadikan lokasi selfie karena alasan keamanan, empati dan tata krama.

Berikut ini tempat-tempat yang seharusnya tak dijadikan lokasi selfie.

Kamp Konsentrasi dan Monumen Holocaust

Monumen Holocaust dan kamp konsentrasi menyimpan kisah tragis dari sejarah manusia yang mungkin akan sulit Anda percaya kecuali mengalaminya langsung. Fotografi mungkin bisa membantu Anda untuk menyelami kisah-kisah penuh penderitaan yang dialami orang-orang di tempat itu pada masa lampau, tetapi selfie dan memamerkan senyum ceria Anda bukanlah cara yang tepat.

Monumen 9/11

Tak jauh berbeda dengan kamp konsentrasi atau Monumen Holocaust, Monumen 9/11 di New York juga dibangun untuk mengenang para korban tragedi 9 September. Lebih baik, alihkan keinginan untuk selfie ketika berada di Times Square atau Central Park dan ambil foto biasa jika Anda merasa perlu mengabadikan momen saat berkunjung ke Monumen 9/11.

Di sekitar hewan

Berhentilah mengambil foto selfie  bersama hewan, kecuali Anda berada sangat jauh dari hewan, tidak dalam jarak kontak, terdapat kaca pembatas dan tidak dalam kondisi yang membahayakan jiwa Anda maupun hewan tersebut.

Di tempat seperti Australia, yang terkenal dengan selfie bersama Quokka, tak masalah jika Anda bernarsis ria dengan marsupial imut ini, selama tidak menyakiti hewan tersebut. Jika berhasil mendapat foto bersama hewan, itu bagus. Jika tidak, ya sudah, tak perlu memaksakan diri.

Tapi di beberapa tempat lain, terdapat larangan untuk berfoto selfie dengan hewan liar. Itu karena turis ‘haus selfie’ seringkali membahayakan hewan-hewan liar. Beberapa waktu lalu, dua lumba-lumba mati akibat terlalu lama berada di darat karena dikerubuti dan diajak selfie wisatawan di sebuah pantai Argentina. Ada pula kasus hiu yang mati karena diangkat terlalu lama dari laut dengan ditenteng dibagian ekornya oleh wisatawan di Florida.

Sekali lagi, berhentilah mengambil foto selfie yang bersama hewan yang berpotensi menyakiti mereka. Meskipun hewan, kehidupan mereka harus dihormati.

Ketika sedang bergerak

Berfoto selfie ketika sedang bergerak mungkin tidak nampak sebagai ide yang buruk. Tetapi akan beda ceritanya ketika anda mencelakai diri sendiri dan orang lain karena tak memperhatikan jalanan sekitar. Tentu saja dilarang keras berfoto selfie saat Anda mengemudi. Jika ingin mengabadikan perjalanan, mintalah bantuan seorang teman untuk memotret anda dalam posisi aman.