8 Tanda Anda Lebih Cerdas dari Kebanyakan Orang

By , Sabtu, 21 Mei 2016 | 15:00 WIB

Para ilmuwan telah mencoba untuk mengukur kecerdasan selama ratusan tahun, dan tes Intelligence Quotient (IQ) tes telah menjadi salah satu cara untuk melakukan itu.

Namun, tes IQ dinilai tidak bisa mencerminkan seluruh kecerdasan karena hanya mengukur satu aspek. Berikut ini 8 tanda yang menunjukkan bahwa anda lebih cerdas dari kebanyakan orang.

1. Berbicara lebih dari satu bahasa

"Terima kasih" dalam berbagai bahasa. (Thinkstock)

Penelitian telah menunjukkan bahwa berbicara lebih dari satu bahasa dapat memperlambat laju penyakit seperti Alzheimer. Hal ini juga mempengaruhi perkembangan dan efisiensi otak seseorang. Semakin banyak bahasa yang Anda kuasai,akan semakin lebih efisien pula otak Anda.

(Baca: Menguasai Lebih Dari Satu Bahasa Terbukti Cerdaskan Otak)

2. Punya IQ lebih tinggi dari 100

Ilustrasi (Thinkstockphoto)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, IQ hanyalah salah satu cara untuk mengukur kecerdasan. Tetapi IQ tetap bisa digunakan sebagai indikator.

(Baca juga: 5 Kebiasaan yang Dapat Menurunkan IQ)

!break!

3. Jadi anak sulung

Ilustrasi (Thinkstock)

Sebuah studi menunjukkan bahwa anak sulung memiliki skor lebih tinggi dalam tes IQ rata-rata 3 angka dibanding adik-adiknya. Ini bukan karena genetik, melainkan berkaitan dengan interaksi keluarga di rumah.

(Baca: Orangtua Lebih Keras Didik Anak Sulung)

4. Jadi pecinta kucing

Ilustrasi (Y G. Dzhevelieva/National Geographic/Your Shot)

Orang yang memelihara kucing memang sedikit kurang sosial, tetapi sebuah penelitian yang meneliti 600 mahasiswa menemukan bahwa 11 persen orang yang memilih memelihara kucing alih-alih anjing, memiliki skor lebih tinggi dalam tes untuk mengukur personalitas dan kecerdasan.