Benda Tak Terduga yang Harus Selalu Dibersihkan Setiap Hari

By , Selasa, 24 Mei 2016 | 08:00 WIB

Kegiatan bersih-bersih mungkin menjadi salah satu hal yang tidak disukai. Namun, nyatanya ada beberapa benda yang harus selalu dibersihkan setiap hari agar terhindar dari berbagai kuman. Pendiri acara Clean My Space di Youtube, Melissa Maker, memberitahu beberapa item yang dimaksud:

(Baca : Benda-Benda Tak Terduga Ini Ternyata Bisa Sebabkan Alergi)

1. Sekitar pintu masuk

Sekitaran pintu masuk menjadi sesuatu yang berperan penting karena memiliki efek apakah kita merasa rileks atau tidak di rumah. Simpan sepatu pada tempatnya, sapu sebentar lantai yang kotor, mengibas karpet atau kain kaki. Segala hal di sekitar pintu masuk harus dirapikan agar lebih enak dipandang dan terasa nyaman.

2. Kain lap piring

Kebanyakan orang menggunakan kain lap piring sekaligus untuk mengelap tangan mereka saat memasak. Piring tentunya kembali kotor karena terkena kotoran atau kuman di tangan. Biasakan untuk mengganti kain lap piring setiap hari dan pastikan untuk sering mencuci tangan.

3. Spons

Spons untuk mencuci piring mengandung banyak kuman dan bakteri. Peneliti bahkan menemukan terdapat lebih dari 99% bakteri dan jamur pada spons basah selama satu menit atau saat mencuci piring. Selain rutin mengganti spons baru, membersihkan spons dengan cara merebusnya selama lima menit adalah cara yang tepat. Spons yang terbuat dari busa juga jauh lebih baik sebagai pilihan.

(Baca pula : 10 Benda Wajib Ada di Tas Selama "Traveling")

4. Dapur dan kamar mandi

Setiap sudut dapur dan kamar mandi harus dibersihkan setiap hari. Sela-sela di berbagai kabinet di dapur dan kamar mandi dapat memunculkan banyak kuman. Entah itu di pegangan pintu, pegangan lemari di dapur dan kamar mandi, dudukan toilet, dan lainnya. Selalu pastikan pula kain lap yang digantung harus kering, jangan kain yang basah karena akan mengundang kuman lebih cepat berkembang.

5. Remot

Remote control menjadi salah satu benda yang paling banyak disentuh, yang kemudian menyebabkan banyak kuman serta kotoran. Selain remot tv, keypad handphone, dan keyboard laptop juga harus dibersihkan sesering mungkin agar tidak terkontaminasi oleh bakteri.