Ilmuwan Ciptakan Black Box Terbesar Untuk Merekam Kiamat Bumi

By Agnes Angelros Nevio, Senin, 20 Desember 2021 | 18:00 WIB
Kotak hitam berukuran raksasa yang diciptakan para ilmuwan untuk merekam hari kiamat ()

Nationalgeographic.co.id-Di dataran bertabur granit, dikelilingi oleh pegunungan berbonggol, duduk sebuah kotak baja raksasa.

Terlihat aneh di dari kejauhan, seperti monolit hitam Kubrick 2001: A Space Odyssey fame, kehadiran kotak raksasa tersebut menunjukkan bahwa itu diletakkan di sana dengan sengaja.

Dan jika mereka yang menemukannya dapat menguraikan pesan yang dikandungnya, mereka dapat melihat sekilas apa yang menyebabkan jatuhnya peradaban yang ada sebelumnya.

Itu adalah Kotak Hitam (Black Box) Bumi.

Sebuah Alat Canggih

Saat pesawat jatuh, para penyelidik akan menyaring reruntuhan untuk memulihkan kotak hitam.

Diharapkan isi rekaman dapat digunakan untuk membantu orang lain menghindari nasib yang sama.

Begitu pula dengan Kotak Hitam Bumi: monolit baja berukuran 10 meter kali 4 meter kali 3 meter yang sengaja dibangun di singkapan terpencil di pantai barat Tasmania.

Dipilih karena stabilitas geopolitik dan geologisnya, di depan kandidat lain seperti Malta, Norwegia, dan Qatar, gagasannya adalah bahwa situs Tasmania dapat menjadi tempat lahirnya kotak hitam untuk kepentingan peradaban masa depan, seandainya bencana perubahan iklim menyebabkan kejatuhan kita.

Jika kedengarannya tidak tepat, perlu diingat bahwa saat ini kita berada di jalur yang tepat untuk pemanasan sebesar 2,7C abad ini.

Tanyakan kepada ilmuwan iklim apa yang terjadi ketika pemanasan menembus 2C, dan mereka hampir selalu memberi tahu Anda bahwa itu tidak layak untuk dipikirkan.