Astronom Menemukan 70 Planet 'Pengembara' Misterius di Konstelasi 13

By Utomo Priyambodo, Jumat, 24 Desember 2021 | 10:00 WIB
Ilustrasi contoh salah satu planet pengembara yang ditemukan di luar angkasa sana. (ESO/M. KORNMESSER)

Nationalgeographic.co.id—Sekelompok astronom menemukan setidaknya 70 planet "pengembara" baru di galaksi Bima Sakti kita. Kumpulan 70 planet misterius ini adalah kelompok terbesar dari "para pengembara galaksi" yang ditemukan sejauh ini.

Planet pengembara adalah planet yang bergerak di luar angkasa tanpa mengorbit bintang. Sering digambarkan mengambang bebas, objek-objek misterius ini adalah benda-benda terisolasi yang mirip planet, mungkin telah dikeluarkan dari sistem bintang.

Teori lain mengatakan bahwa planet pengembara dapat terbentuk dari runtuhnya awan gas yang terlalu kecil untuk mengarah pada pembentukan bintang.

"Kami tidak tahu berapa banyak yang diperkirkan dan sangat senang telah menemukan begitu banyak," ujar Núria Miret-Roig, astronom di Laboratoire d'Astrophysique de Bordeaux, Prancis dan University of Vienna, Austria.

Núria Miret-Roig adalah penulis pertama dalam makalah studi atas temuan planet-planet ini. Makalah ini telah terbit di jurnal Nature Astronomy pada 22 Desember 2021.