Objek Aneh Tertangkap Kamera di Atas Laut Cina Selatan, Apakah UFO?

By Utomo Priyambodo, Sabtu, 25 Desember 2021 | 12:00 WIB
Video rekaman penampakan objek-objek bercahaya di atas Laut Cina Selatan. (willease/YouTube)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah rekaman video yang tidak biasa telah menimbulkan perdebatan di dunia maya. Video itu menunjukkan ada beberapa objek bercahaya yang melintas di atas Laut Cina Selatan.

Video berdurasi 53 detik itu difilmkan oleh seorang pilot pada pagi hari tanggal 24 November 2021 di ketinggian sekitar 11.887 meter di atas Laut Cina Selatan, menurut situs web pelacakan UFO Stalker. Video itu direkan dengan latar waktu matahari terbit.

Video tersebut mulanya menunjukkan sembilan objek bercahaya bergerak melintasi langit dalam tiga baris terorganisir.

Tiga objek bercahaya yang terdekat dengan sudut pandang perekam video kemudian menghilang. Namun tiga objek serupa lainnya muncul kembali di luar formasi tersebut.

"Saya tidak tahu apa itu. Itu omong kosong yang aneh," kata seseorang dalam video.

Baca Juga: Militer AS Baru Saja Membuat Regu Baru untuk Mempelajari UFO

Dalam video tersebut terdengar ada beberapa orang yang sedang berbicara menanggapi kemunculan objek-objek tersebut. Setelah objek-objek yang seperti lampu itu menghilang satu per satu, mereka hanya berseru, "Sudah hilang!"

Belum ada pernyataan resmi tentang penampakan itu, tetapi video itu memicu rumor di media sosial. Beberapa orang berspekulasi bahwa itu bisa menjadi semacam latihan militer yang melibatkan suar atau hanya pantulan pada kaca kokpit. Namun beberapa orang yang lain menyarankan itu bisa jadi merupakan benda terbang tak dikenal atau unidentified flying object (UFO).

"Awalnya saya pikir pantulan kaca kokpit ... tapi tidak," tweet salah satu orang, seperti dilansir IFL Science. “Tidak sesuai dengan itu. Sekarang saya berpikir, mungkinkah itu adalah latihan penanggulangan militer?"

"Mempertimbangkan bahwa ada miliaran Galaksi yang berisi jutaan bintang dan planet," tambah yang lain, "cukup masuk akal bahwa ada makhluk-makhluk lain di luar sana yang kurang cerdas daripada manusia dan jauh lebih cerdas daripada kita."

Baca Juga: Departemen Pertahanan AS Pastikan Video UFO 'Berbentuk Piramida' Nyata

Salah satu penjelasan paling populer di balik penampakan-penampakan UFO adalah bahwa objek-objek tersebut merupakan produk teknologi militer eksperimental.