Jangan Lewatkan Hujan Meteor Spektakuler Agustus 2016 Ini!

By , Kamis, 21 Juli 2016 | 13:00 WIB

Perseids, salah satu hujan meteor yang terkenal tahun ini, akan datang dalam waktu sebulan lagi. Namun Anda tidak harus menunggu hingga Agustus untuk melihat bintang-bintang berjatuhan menerangi langit.

Sekarang, kita tengah berada di tengah hujan meteor yang dinamain Delta Aquarids, yang dimulai sekitar 12 Juli lalu.

Sekitar 28 dan 29 Juli, Delta Aquarids akan mencapai puncaknya. Meskipun hujan meteor akan lebih banyak terlihat di bumi bagian selatan, namun bagi Anda yang berada di Utara tidak akan ketinggalan untuk menikmati fenomena langit ini. Selama puncaknya nanti, Anda akan bisa melihat setidaknya 20 meteor setiap jamnya.

Setelah puncaknya, Delta Aquarids akan kembali hadir sekitar 23 Agustus, bersamaan dengan hujan meteor Perseid yang puncaknya pada pertengah Agustus.

Bagaimana cara menikmatinya?

Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan bintang jatuh di langit adalah pada waktu-waktu tengah malam menuju pagi, sekita pukul 2 atau 3 pagi.

Karena meteor-meteor Delta Aquarid akan terlihat cukup kecil, penting untuk melihat mereka di langit yang sangat gelap, bebas dari cahaya bulan atau benda-benda bercahaya lainnya.

Sejak dimulai pada bulan Agustus dengan kemunculan bulan baru, puncak dari Delta Aquarid akan indah jika muncul bersama dengan bulan sabit, dimana langit menjadi lebih gelap dan meteor-meteor terlihat lebih jelas.

Jika cuaca buruk atau ada cahaya yang lebih terang menganggu Anda untuk melihat meteor, Slooh, observatori online, akan menyajikan siaran langsung hujan meteor dari observatory yang ada di Pulau Canary.

Selama siaran nanti, para astronom profesional akan berdiskusi mengenai hujan meteor tersebut dan menjawab pertanyaan terkait fenomena tersebut dari publik.

Apa yang menyebabkan hujan meteor?

Orbit milik komet-komet seringkali sedikit miring.

Ketika komet bergerak teralu dengan dengan matahari, cahaya matahari mendidihkan lapiran dingin, melepas partikel es dan debu.