Berkenalan dengan Serigala Langka Pemakan <i>Seafood</i>

By , Jumat, 5 Agustus 2016 | 10:00 WIB

Tak seperti serigala yang lain, serigala pesisir Pulau Vancouver hidup di darat sekaligus di laut. Mereka bergerak seperti hantu di garis pantai Pulau Vancouver, Kanada, sangat sulit ditangkap karena orang jarang melihat mereka berkeliaran di hutan berlumut.

Pembuat film asal Inggris, Bertie Gregory, merupakan salah satu yang beruntung: Dia melihat serigala pesisir—atau disebut juga sebagai serigala laut pada 2011 silam.

“Ada sesuatu yang tak bisa diungkapkan ketika berhadapan dengan serigala laut. Mereka memiliki semacam aura sihir di sekelilingnya,” kata Gregory.

Gregory melanjutkan, serigala pesisir merupakan predator unik, dan mereka berburu di lansekap yang luar biasa epik.

Bukan hanya Gregory yang tertarik untuk mengenal serigala laut lebih dalam. Direktur Sains Raincoast Conservation Foundation, Christ Darimont telah mempelajari gaya hidup tak biasa karnivora ini selama hampir dua dekade. Dia membagikan beberapa fakta menarik tentang populasi serigala abu-abu yang jarang terlihat ini.

Ada dua jenis serigala pantai

Ada dua populasi: serigala pesisir pulau besar (daratan utama) dan serigala pesisir pulau kecil, jenis yang terakhir menjadi fokus penelitian Gregory. Serigala pesisir daratan utama makan lebih sedikit seafood dibandingkan serigala yang tinggal di pulau kecil.

Kehidupan mereka berkisar di lautan

Tak seperti saudara-saudara mereka yang tinggal di daratan utama, serigala pesisir pulau kecil mendedikasikan seluruh hidupnya di laut. Genetika mereka yang membuktikannya. Secara kolektif, serigala pesisir pulau memiliki DNA khas yang membedakan mereka dari serigala di daratan.

Hampir 90 persen makanan mereka berupa seafood

Orang biasanya menghubungkan makanan serigala dengan rusa atau kijang, tetapi serigala pesisir menyantap salmon, teritip, kerang, telur ikan, anjing laut, berang-berang dan bangkai paus.

Perenang yang baik