Panduan Berwisata 10 Negara Paling Bahagia di Dunia

By , Senin, 15 Agustus 2016 | 15:00 WIB

Apakah Anda mencari tujuan wisata dengan lanskap menarik dengan warga lokal yang ramah? Jika ya, maka cobalah ikuti panduan dari World Happiness Report 2016.

Setiap tahun PBB mengukur kualitas hidup warga di seluruh dunia melalui survei dan analisis data. 13 negara yang sama telah mendominasi bagian teratas daftar laporan pengukuran tersebut sejak tahun 2012. Apa yang membuat negara-negara tersebut menjadi paling bahagia di dunia? Semua memiliki formula pemerintahan yang baik, kehidupan sosial yang kuat antar masyarakat, menghormati sesama warga negara, dan kualitas hidup yang tinggi.

Laporan ini tidak memperhitungkan pengalaman dari pengunjung suatu negara, padahal laporan berfungsi sebagai patokan besar bagi wisatawan.

"10 negara di peringkat teratas memiliki peringkat tinggi pda kepercayaan publik dan kemurahan hati," kata John Helliwell, salah satu penulis laporan. Ia kemudian melanjutkan, "Orang-orangnya ramah, mereka cenderung memberikan layanan pelanggan yang baik, dan dari pengalaman pribadi saya, negara mereka merupakan tempat yang indah untuk bepergian."

Berikut adalah 10 tempat terbaik untuk melakukan perjalanan yang menyenangkan.

10. Swedia.

Swedia adalah salah satu dari lima negara Nordik yang konsisten berada dalam jajajran teratas Laporan Kebahagiaan (Happiness Report). Negara ini sering kali disorot karena memiliki tingkat kepuasan yang tinggi.

Anda ingin merasakan apa yang membuat negara ini berbahagia? Cobalah kunjungi sebuah kedai kopi! Swedia adalah salah satu dari tiga konsumen kopi terbesar dunia.

Suatu ikatan komunitas di Swedia diperkuat melalui tradisi ‘fika’, yang juga berarti ‘waktu istirahat’. Penduduk setempat melakukan fika sembari minum kopi, menyapa kawan, membahas berita, sesekali mengunyah kue kering.Tradisi fika dimulai tahun 1928 di tempat bersejarah Vete-Katten di Stockholm.

9. Australia

Australia merupakan negara terbesar ke enam di dunia diukur dari luas wilayah. Negara ini memiliki tingkat polusi yang rendah, tingkat tinggi keterlibatan sipil, dan kesatuan penduduk lokal.

Salah satu tradisi populer di Australia adalah berbekyu (BBQ), mengajak orang terdekat menghabiskan waktu bersama. Kebanyakan mereka melakukan berbekyu di taman nasional, lapangan outdoor, dan tempat-tempat di mana orang dapat berkumpul dengan pemanggang gratis atau yang beroperasi dengan koin.

Wisatawan tanpa kenalan penduduk asli Australia dapat bergabung tur bir dan BBQ untuk bertemu penduduk setempat dan mencoba berbagai daging dan makanan laut. Anda juga bisa mencoba makan dengan latarbelakang pemandangan matahari terbenam di atas kapal pesiar, yang melintasi danau Kununurra di Australia Barat.