10 Hal Baru yang Membuat Rumah Pintar dan Lebih Ramah Lingkungan

By , Minggu, 21 Agustus 2016 | 12:00 WIB

Perangkat-perangkat ini tidak hanya menghemat energi dan air, tetapi juga membantu menghindari kematian burung, menghilangkan polutan dari udara, menjaga rumah selama pemadaman listrik, dan menyediakan air minum yang aman untuk orang miskin di seluruh dunia.

Inilah 10 perangkat yang dipamerkan pada tahun 2015 lalu dalam Greenbuild International Conference & Expo (Pertemuan tahunan Green Building Council AS).

Pencahayaan : LED

Di era sekarang bola lampu pijar sangat ketinggalan jaman dibandingkan dengan LED (light emitting diode) yang 10 kali lebih hemat energi. LED lebih cerdas dan fleksibel, bahkan untuk di dalam lemari

Tahun ini Apple Watch mengeluarkan teknologi yang jauh lebih besar. Suatu perangkat yang dapat mengoperasikan LED, lampu neon atau CFL dari jarak jauh

“Perangkat akan mengetahui jika Anda meninggalkan rumah dan mengirimkan peringatan, apakah Anda ingin mematikan lampu ?” papar Caitlin Helterline dari Lutron. Sistem Lutron dapat bekerja pada HomeKit Apple.

Otomatisasi : ‘SenseMe'

Integarsi ini merupakan bagian dari revolusi rumah pintar, di mana peralatan jaringan juga dapat dioperasikan dari jarak jauh oleh sebuah ponsel pintar atau jam tangan. Beberapa perusahaan, termasuk Crestron, telah memperkenalkan perangkat otomatisasi rumah yang memungkinkan pengguna mengatur alarm keamanan, program suhu ruangan, atau memulai beban cucian.

Salah satunya datang dari produsen Big Ass, menawarkan sebuah kipas di langit-langit dengan teknologi SenseMe. Teknologi ini menggunakan sensor gerak, ia tahu ketika Anda memasuki atau meninggalkan ruangan sehingga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan otomatis. Ia juga dapat memonitor suhu ruangan dan kelembapan, sehingga dapat menyesuaikan kecepatan kipas saat kondisi berubah.

Semua kecerdasan ini tidak murah. Sebuah kipas dengan SenseMe dan lampu LED mencapai biaya setidaknya $ 1.000 (setara hampir Rp.14.000.000,00).

Jendela : Kaca Jendela Elektrokromik

Produk lain yang bisa dioperasikan secara jarak jauh, melalui aplikasi iPad, adalah kaca jendela elektrokromik seperti SageGlass Sebuah kaca sederhana untuk bangunan komersial yang dapat berubah warna menjadi gelap atau terang untuk mengontrol cahaya dan mendapatkan panas.

Pelindung : Terintegrasi dan Refleksi