6 Perilaku Aneh Anjing yang Harus Dipahami <i>Dog Lover</i>

By , Rabu, 24 Agustus 2016 | 11:00 WIB

Anjing sudah lama dikenal sebagai sahabat manusia. Hewan ini juga diketahui sangat peka terhadap tindakan manusia yang diarahkan kepadanya. Tapi bagaimana dengan Anda? Apakah Anda pernah memperhatikan dan memahami makna dibalik perilaku aneh anjing peliharaan? Berikut ini 6 perilaku aneh Anjing yang harus dipahami oleh para Dog Lover.

1. Mengapa anjing bersemangat ketika Anda berkata “Jalan-jalan”?

Seperti halnya lumba-lumba, kera dan burung beo, dapat mempelajari serangkaian perintah vokal atau kata-kata. Seekor anjing border collie bernama Chaser bahkan bisa belajar lebih dari 1.000 kata.

Para pengeliti mengatakan bahwa Chaser menggunakan proses berpikir dengan mengambil kesimpulan. Proses ini sangat mirip dengan yang dilakukan anak-anak saat belajar berbahasa. Pada dasarnya, mereka menebak arti kata-kata dengan melibatkan objek atau peristiwa yang berhubungan dengan kata itu. Jadi jika Anda sering mengatakan “jalan-jalan”, kemudian mengambil tali anjing dan mengajak mereka ke luar, anjing akan menyimpulkan apa arti kata “jalan-jalan”.

2. Ikut menguap tiap kali kita menguap

Bukan hanya manusia yang suka tertular ketika ada orang yang menguap di dekatnya, anjing pun demikian. Studi dalam jurnal Biology Letters mengatakan bahwa penularan emosi ini merupakan hal normal. Yang lebih penting, peneliti menulis, anjing ikut menguap ketika anda  menguap bisa jadi tanda empati.

Selain dengan cara itu, anjing juga menunjukkan berbagai simpati dengan tuannya. Penelitian menunjukkan bahwa anjing dapat mengetahui saat tuan mereka marah dan telah berevolusi untuk memberikan respon yang sesuai. Studi lain menemukan bahwa anjing memberikan respon psikologi dan perilaku yang sama dengan manusia  ketika mereka mendengar bayi manusia mengangis.

3. Beralih ketika hendak dipeluk

Sering kali anjing beralih dan menjauh ketika hendak dipeluk. Itu karena mereka merasa tidak nyaman dan benci dipeluk. Ada tiga tanda umum ketika anjing stress, yakni memalingkan kepala mereka dari hal-hal yang mengganggu; menunjukkan bagian putih mata; dan menurunkan telinga mereka. Kebanyakan anjing yang dipeluk menunjukkan tanda-tanda ini.

Meski demikian, beberapa anjing mungkin lebih toleran terhadap pelukan, terutama dari orang yang familiar. Jangan kecewa jika anjing Anda tak suka dipeluk, karena anjing punya cara lain untuk mengungkapkan rasa sayang mereka. Jika Anjing anda sebal jika dipeluk, cobalah menepuk-nepuk pelan kepala mereka dan menggaruk lembut perut mereka.

4. Menatap anda berlama-lama

Sering merasa kikuk atau gugup ketika anjing peliharaan menatap Anda berlama-lama? Ternyata saat itu, anjing sedang memproses dan mencocokkan sinyal emosional yang anda beri padanya, seperti senyuman atau tepukan di kepala.

Seberapa lama anjing peliharaan menatap seseorang mungkin mengungkap seberapa besar ia mengerti emosi orang tersebut.