Penemuan Fosil yang Mirip Kaki Seribu Raksasa, Seukuran Mobil!

By Sysilia Tanhati, Senin, 27 Desember 2021 | 11:00 WIB
Perubahan iklim menyebabkan Arthropleura harus bersaing untuk mendapatkan makanan dan akhirnya kalah. (Neil Davies/Cambridge University)

Nationalgeographic.co.id—Para peneliti di Inggris telah menemukan kerangka luar fosil dari artropoda terbesar yang pernah hidup. Mirip kaki seribu raksasa, fosil ini hampir sepanjang mobil dan kemungkinan menjelajahi bumi selama periode Karbon. Yaitu antara 359 juta dan 299 juta tahun yang lalu.

Nenek moyang kaki seribu yang mengerikan ini, yang dikenal sebagai Arthropleura, sudah diketahui sebelumnya oleh para ilmuwan. Tetapi penemuan fragmen kerangka luar fosil yang baru menegaskan bahwa invertebrata purba ini lebih besar dari yang diperkirakan.

Fosil Arthropleura, berusia sekitar 326 juta tahun, ditemukan di dalam blok batu pasir yang terfragmentasi di pantai di Northumberland, Inggris. Segmen tersebut memiliki panjang sekitar 75 sentimeter, sedangkan makhluk aslinya diperkirakan memiliki panjang 2.6 meter dan berat sekitar 50 kilogram. Hasilnya dilaporkan dalam Journal of the Geological Society.

"Ini akan menjadi hewan terbesar di daratan pada Periode Karbon," kata peneliti Neil Davies, seorang ahli geologi di Universitas Cambridge. Meski para peneliti telah memperkirakan bahwa Arthropleura berpotensi tumbuh dengan ukuran ekstrim mereka tetap terkejut akan temuan ini.

Menurut Davies, pantai di Northumberland itu bukanlah tempat yang terkenal akan fosil. Jadi, mereka beruntung karena menemukannya secara tidak sengaja.