Kyhytysuka Sachicarum, Predator Makro Laut Baru dari Jurassic

By Fikri Muhammad, Selasa, 28 Desember 2021 | 09:00 WIB
Rendering artis dari Kyhytysuka sachicarum. (Jorge W. Moreno, Museum Paleontologi Villa de Leyva)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah tim ahli paleontologi telah mengidentifikasi spesies baru di Kolombia, ichthyosaurus yang hidup di laut Jurassic sekitar 130 juta tahun yang lalu. Mereka memberi nama Kyhytysuka sachicarum. 

Tidak seperti spesies lain yang memakan ikan kecil, ini adalah predator makro dengan tengkorak dan giginya yang besar, memungkinkannya berburu ikan besar dan bahkan reptil laut lainnya. Studi ini telah diterbitkan dalam Journal of Systematic Palaeontology.

"Kami memutuskan untuk menyebutnya Kyhytysuka, yang diterjemahkan sebagai 'orang yang memotong dengan sesuatu yang tajam' dalam bahasa asli dari wilayah tengah Kolombia tempat fosil itu ditemukan, untuk menghormati budaya Muiska kuno yang ada di sana selama ribuan tahun," kata salah satu penyelidik, Dirley Cortés di laman National Geographic España.

Nama itu cocok untuknya seperti sarung tangan, karena perbedaan paling mencolok dengan kerabat dekatnya ada di rahangnya, dengan gigi dengan ukuran berbeda dan berjarak satu sama lain.

"Hewan ini mengembangkan gigi unik yang memungkinkannya memakan mangsa besar. Sementara ichthyosaurus lain memiliki gigi kecil dengan ukuran yang sama untuk memakan mangsa kecil, spesies baru ini memodifikasi ukuran dan jarak giginya untuk membangun gudang gigi untuk berburu mangsa yang lebih besar, seperti ikan besar dan reptil laut lainnya,"  Menurut Hans Larsson, rekan penulis studi dan direktur Museum Sejarah Alam Redpath di Montreal.