Kisah Pria yang Terbang Memasuki Gunung Api Aktif dan Bisa Keluar Lagi

By Utomo Priyambodo, Kamis, 30 Desember 2021 | 11:00 WIB
Urutan pegerakan Sebastián 'Ardilla' lvarez saat terbang memasuki kawah gunung berapi aktif. (Jean Louis de Heeckeren/Red Bull)

Nationalgeographic.co.id—Sebastián 'Ardilla' lvarez, penerbang wingsuit terkenal di dunia, berhasil menyelesaikan aksi yang luar biasa. Dia baru saja menjadi orang pertama yang terbang ke dalam gunung berapi aktif dan, yang terpenting, keluar dari gunung api tersebut.

lvarez terbang ke kawah gunung berapi Villarica, salah satu gunung berapi paling terkenal di Chili. Dia hanya mengenakan sebuah wingsuit, kostum parasut khusus yang memungkinkan tubuh pemakainya terbang melayang.

Lelaki asal Spanyol itu melaju ke kawah tersebut sebelum akhirnya menukik keluar lagi. Ia sukes membuka parasutnya sehingga bisa keluar dari kawan dan akhirnya mendarat dengan selamat di lereng gunung api strato yang aktif itu.

Aksi tersebut tidak bisa dianggap enteng. Dan sebaiknya Anda tidak mencobanya sendiri di sekitar gunung berapi mana pun.

Dalam aksinya ini, lvarez yang disponsori Redbull pertama-tama harus menghitung apakah penerbangan itu memungkinkan. Kemudian mantan pilot itu harus mengenal gunung berapi tersebut dan aktivitasnya serta pola cuaca di sekitarnya.

lvarez, yang memiliki julukan sebagai "Ardilla" yang berarti tupai dalam bahasa Spanyol, terbang melintasi kawah gunung berapi dengan kecepatan 280 kilometer per jam. Ia mencelupkan dirinya sedalam 8 meter ke dalam gunung berapi itu sebelum terbang kembali dan keluar dari kawah tersebut.