Penemuan Surat Kuno Dari Kulit Pohon Birch di Kota Kuno Novgorod

By Maria Gabrielle, Jumat, 31 Desember 2021 | 14:00 WIB
Penampakan surat kuno dari kulit pohon birch. (Institute of Archaeology RAS)

Nationalgeographic.co.id—Para peneliti dari Institut Arkeologi Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia telah menemukan sebuah surat kuno di pusat kota Veliky Novgorod, barat laut Rusia. Menariknya, surat kuno yang diperkirakan berasal dari abad ke-12 hingga 15 ini ditulis di kulit pohon birch.

Kota kuno Novgorod merupakan penghubung utama antara Rusia dan Eropa Barat, menjadikannya salah satu kota bersejarah terpenting negara itu. Pada masa kejayaannya yakni di abad ke-14, Novgorod menjadi salah satu kota terbesar di Eropa dengan populasi mencapai 400.000 jiwa.

Dilansir dari Ancient Origins, tanah liat yang tergenang oleh air sejak abad ke-12 berhasil membuat surat kuno itu terpelihara dengan baik. Temuan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dari surat-surat kuno pohon birch yang sebelumnya sudah didapat dari daerah tersebut.

Temuan ini digali dari kedalaman 8 meter, tepat di mana lapisan budaya Novgorod pada abad ke-12 berada. Diketahui bahwa temuan surat kulit kayu birch kali ini yang diberi nomor 1144 berisi tentang masalah keuangan yang berkaitan dengan pembayaran suatu layanan.

Selama proses penggalian, para peneliti juga menemukan berbagai macam artefak lain. Misalnya, sepatu kulit, piring kayu hingga wadah-wadah keramik. Mereka juga menemukan lambang timah dari abad ke-12 hingga lambang timah seorang ahli teologi St John dari abad ke-13 dan St Lazarus dari Bethany.

Voice of Russia sebelumnya pernah melaporkan di tahun 2014 para arkeolog menemukan enam teks yang ditulis pada kulit pohon birch dari kota yang sama. Temuan artefak-artefak itu menambah koleksi teks kulit pohon birch yang sudah ada lebih dari 1.000 jumlahnya. Karena banyaknya teks-teks serupa, hal tersebut telah mengubah banyak pandangan tradisional berkaitan dengan keadaan masyarakat saat itu.