Dari Katak yang Melahirkan Lewat Punggungnya Sampai Ngengat Bersonar

By , Selasa, 1 November 2016 | 10:00 WIB

Ikan Fringehead

Sebagai contoh  pertama, ialah ikan fringehead yang dapat terlihat begitu cantik sekaligus mengerikan. Jantan dari spesies hewan Samudera pasifik ini akan melawan apapun yang mengancam telur atau wilayah mereka, dan untuk itu hewan ini akan membuka mulut berwarna-warni secara selebar mungkin dan menampilkan tampilan yang mengerikan hanya dengan menganga.

Ikan Fringehead akan bertarung dengan cara mengadu mulut mereka untuk mempertahankan telur dan wilayah mereka. (Joel Sartore, National Geographic Photo Ark. nationalgeographic.com)

Pertempuran antara ikan yang beurukuran 25 cm ini jenis Blenny , ialah dengan mendorong mulut mereka atau mirip dengan gulat sumo namun menggunakan mulut, kata George Burgess, seorang ahli ikan dari Florida Museum of Natural History.

Watcharapong Hongjamrassilp, dari Scripps Institution of Oceanography di California, menambahkan bahwa ikan ini juga menggunakan gigi jarum tajam mereka dalam konflik semacam ini. Memang, sebuah model 3-D dari tengkorak ikan ini yang dimiliki oleh University of Washington Adam Summers menunjukkan sebua set gigi ikan ini yang cukup mengesankan.

Adapun sebuah nama aneh dari ikan jenis ini yakni, ‘Fringehead’ yang mengacu pada cirri-berbulu mereka yang seperti struktur antena yang berada di kepala mereka dan digunakan untuk mendeteksi bahan kimia dari ikan lain atau gerakan dalam air yang dilakukan sebagai salah satu cara melindungi diri mereka, kata Hongjamrassilp.

Suriname Toad

Kodok Suriname berkembang biak dengan cara menanam telur di punggung induk dan akhirnya akan menetas keluar dari lubang yang mirip dengan sarang lebah di punggung yang sama, menurut Greg Pauly,seorang kurator Hepetologi dari Natural History Museum of Los Angeles Country. (Penderita trypophobia atau takut dengan segala sesuatu yang berlubang, mungkin akan menghindari hewan ini.)

Meskipun penampilannya yang aneh, Pauly mengatakan bahwa Katak Suriname adalah contoh yang bagus dalam cara mengasuh anak pada katak. Dengan cara induk membawa anak dipunggungnya, sang induk telah membuat para bayi katak terbebas dari predator dan parasit.

Martil Bat

Seekor Kelelawar Hammerheaded fruit Jantan sedang bergantung di Gabon. Kelelawar dengan hidung besar dapat membantu mereka membuat panggilan kawin. (Hugh Maynard, Nature Picture Library. nationalgeographic.com)

Hanya kelelawar Jantan spesies Afrika Tengah ini yang terlihat seperti sedang menggunakan kostum rusa untuk Halloween. Jantan dari kelelawar jenis ini menghasilkan suara klakson  untuk menarik perhatian para betina., kata Rob Mies dari Organization for Bat Conservation, yang berada di Michigan.  Para jantan akan berkumpul dalam kelompok-kelompok yang disebut dengan Lek dan mengepakkan sayap mereka ketika betina tiba.

“Lagu dan tarian ini menjadi tontonan yang cukup menarik,” kata Mies. Kami yakin bahwa rentang sayap para jantan ini bisa mencapai lebih dari tiga kaki atau sekitar 90 cm.

Common Potoo