Makanan-makanan yang Dianjurkan Sesuai Usia Anda

By , Senin, 28 November 2016 | 12:00 WIB

Makan sehat selalu penting untuk dilakukan, baik ketika masih muda atau menginjak usia lanjut. Nutrisi yang paling kita butuhkan dapat bervariasi sesuai dengan usia. Berikut ini makanan-makanan yang dianjurkan ketika Anda memasuki usia 20-an hingga 60 tahun dan seterusnya.

Usia 20-an

(Thinkstockphoto)

Yogurt

Tubuh akan berhenti membangun massa tulang pada usia sekitar 30 tahun. Oleh sebab itu, di usia 20-an, Anda membutuhkan asupan kalsium tinggi untuk pembentukan tulang yang kokoh. Pada usia ini, tubuh membutuhkan sekitar 1.000 mg kalsium per hari. Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi sekitar 8 ons yogurt rendah lemak yang dapat memenuhi 42 persen kebutuhan kalsium. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan kalsium dengan mengkonsumsi susu, keju, tahu, ikan salmon, dan sayuran hijau, terutama kangkung.

Telur

Kuning telur mengandung kadar vitamin D tinggi yang dapat membantu usus dalam mencerna kalsium. (Thinkstock)

Kuning telur mengandung kadar vitamin D tinggi yang dapat membantu usus dalam mencerna kalsium. Makanan lain yang jadi sumber vitamin D ialah ikan todak, namun Anda tak boleh terlalu sering mengkonsumsinya karena ikan ini merupakan salah satu jenis ikan yang mengandung kadar merkuri tinggi. Selain ikan todak, Anda juga bisa mengkonsumsi ikan tuna dan sarden.

Usia 30-an

Biji bunga matahari memiliki kandungan asam lemak omega-3 tinggi yang dapat meminimalisasi risiko artritis. (Thinkstock)

Biji bunga matahari

Artritis atau peradangan sendi, umumnya tak menyerang hingga kita memasuki usia 30 tahun. Biji-bijian seperti biji bunga matahari memiliki kandungan asam lemak omega-3 tinggi yang dapat meminimalisasi kerusakan tersebut dengan membantu melumasi sendi dan menurunkan risiko peradangan. Anda juga bisa mendapatkan lemak sehat pada makanan lain yang kaya Omega-3, termasuk kacang-kacangan, ikan kembung dan ikan teri.

Asparagus

Asparagus mengandung kadar asam folat tinggi yang baik bagi wanita hamil dan menyusui. (Thinkstock)

Bagi wanita yang sedang hamil, menyusui, atau berencana akan memiliki bayi, sangat dianjurkan mengkonsumsi asparagus, karena mengandung kadar asam folat yang tinggi. Asam folat sangat penting bagi wanita hamil. Asupan asam folat yang cukup sebelum dan selama kehamilan akan mencegah timbulnya kecacatan tabung saraf pada bayi, yaitu spina bifida (kelainan pada tulang belakang) dan anencephaly (kelainan di mana otak tidak terbentuk). Selain asparagus, Anda juga bisa mendapatkan asam folat dari kacang panjang, buncis, sayuran berdaun hijau gelap, alpukat dan kacang-kacangan.

Usia 40-an

Kacang-kacangan memiliki manfaat bagi kesehatan, karena selain mengandung sejumlah vitamin dan serat, terdapat asam lemak tak jenuh tunggal dan jamak, antioksidan, serta komponen bioaktif lainnya. (Thinkstock)

Kacang-kacangan