Temuan Ini Ungkap Gaya Hidup Mewah di Turki Sejak 5.000 Tahun Lalu

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 11 Januari 2022 | 16:00 WIB
Para arkeolog yang menggali di Yassitepe, Turki telah menemukan pemukiman Yunani yang terdiri dari rumah-rumah mewah. Ini menunjukkan bahwa kehidupan mewah dimulai di Asia Kecil hampir 5.000 tahun yang lalu. (Anadolu Agency)

Nationalgeographic.co.id—Para arkeolog yang melakukan penggalian di Yassitepe, Turki selama tujuh tahun terakhir kini telah menemukan pemukiman Yunani kuno yang terdiri dari rumah-rumah mewah. Temuan ini menunjukkan bahwa kehidupan mewah dimulai di Asia Kecil hampir 5.000 tahun yang lalu.

Dr. Zafer Derin, direktur panitia penggalian, menyebutkan bahwa dengan memeriksa peta dari tahun 1923, timnya berhasil menemukan pemukiman kuno di wilayah tersebut. Yeşilova Höyük adalah pemukiman prasejarah pertama yang diketahui di wilayah Izmir dan penggalian dimulai di sana pada tahun 2010.

"Kami telah menemukan 10 pemukiman yang dibangun di atas satu sama lain. Pemukiman teratas berasal dari periode Troya. Kami hampir dapat mengatakan bahwa kami sedang menggali kota Trojan kecil," kata Derin.

Ia juga menambahkan, temuan lain yang ditemukan di situs tersebut, seperti tembikar yang elegan, jelas menunjukkan bahwa penduduk pemukiman tersebut menikmati gaya hidup yang cukup kaya dan mewah. "Kehidupan mewah dimulai di sini 5.000 tahun yang lalu. Tembikar yang mereka hasilkan berkualitas sangat tinggi," kata Derin.

Orang Yunani Kuno Dikenal karena Koloninya yang Kaya dan Mewah

Sudah diketahui secara luas bahwa orang Yunani kuno menjajah dan mendiami sebagian besar Cekungan Mediterania dan Eropa Selatan selama berabad-abad. Diketahui juga bahwa sebagian besar koloni Yunani berkembang hingga warga di sana menikmati gaya hidup yang jauh lebih kaya dan lebih mewah daripada orang Yunani yang tinggal di daratan Yunani.

Contoh hebat lainnya dari penjajah Yunani yang mewah yang dibawa ke pemukiman mereka adalah Magna Graecia. Seperti yang dilaporkan dalam artikel Ancient Origins sebelumnya, Magna Graecia adalah nama yang diberikan pada zaman kuno oleh orang Romawi untuk kelompok koloni Yunani yang mengelilingi pantai Italia Selatan, di wilayah Campania, Apulia, Basilicata, Calabria saat ini, dan Sisilia yang banyak dihuni oleh pemukim Yunani.

Temuan lain yang ditemukan di situs tersebut, seperti tembikar yang elegan, jelas menunjukkan bahwa penduduk pemukiman menikmati gaya hidup yang cukup kaya dan mewah. (Daily Sabah)

Sebuah tim arkeolog menggali di kota Italia Paestum (Poseidonia), baru-baru ini menemukan sisa-sisa struktur megah dan keramik. Ini juga menunjukkan kekayaan dan kemewahan koloni Yunani selama masa kejayaannya.

Sisa-sisa struktur besar yang digali, yang kemungkinan besar berfungsi sebagai istana atau rumah tangga yang sangat mewah, mungkin dibangun dalam periode waktu yang sama dengan kuil dewa Yunani Athena, Hera, dan Poseidon bergaya Doric—di mana Poseidonia paling terkenal di zaman kuno.

Selain bangunan besar, sejumlah tembikar, dan benda-benda mewah lainnya di Poseidonia, yang dengan jelas menunjukkan betapa kayanya para pendiri kota Yunani. Para arkeolog juga menemukan temuan lain termasuk bejana yang digunakan untuk memasak, makan, dan minum. Para pelancong yang datang ke tempat ini juga percaya dan pergi ke kuil-kuil  untuk beribadah.

Kuil kedua Hera, juga disebut kuil Neptunus atau kuil Poseidon, Paestum (Poseidonia), Campania, Italia. (Norbert Nagel/ CC OLEH SA 3.0)