8 Aksi Sederhana untuk Membantu Pelestarian Satwa Liar

By , Jumat, 3 Maret 2017 | 16:30 WIB

Tantangan yang dihadapi oleh margasatwa atau satwa liar sangat besar dan kompleks. Sering kali, kita merasa tak berdaya untuk melawannya. Tapi sebenarnya, setiap aksi kecil yang dilakukan masing-masing dari kita bisa mempengaruhi kelangsungan hidup satwa-satwa liar: membuat mereka lestari, atau punah selamanya.

Apa yang bisa kita lakukan untuk membantu pelestarian satwa liar? Dalam rangka memperingati Hari Margasatwa Dunia 2017, kami merangkum beberapa aksi sederhana namun berdampak besar bagi kelangsungan hidup satwa liar.

Bertamasya ke tempat pelestarian satwa

Tak hanya menyenangkan, berkunjung ke tempat pelestarian satwa  juga berarti kita mendukung upaya konservasi dengan menyumbang sejumlah uang dalam bentuk tiket masuk atau membeli souvenir. Tempat pelestarian satwa, di antaranya, taman nasional,cagar alam, dan kebun raya.

Jadi konsumen yang bertanggungjawab

Belilah barang-barang yang diproduksi secara berkelanjutan. Ada cara yang mudah untuk mengetahui apakah barang yang Anda beli diproduksi secara berkelanjutan, yaitu dengan melihat label sertifikasi. Misalnya, untuk produk kayu, seperti kertas, tisu, dan furnitur, pilihlah yang telah mendapat sertifikasi Forest Stewardship Council (FSC), label sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) untuk produk hasil olahan minyak kelapa sawit, dan label sertifikasi Aquaculture Stewardship Council (ASC) untuk makanan laut (seafood).

Jangan pernah beli produk dari spesies dilindungi

Dengan tidak membeli produk-produk yang terbuat dari sumber ilegal satwa liar dilindungi atau bagian tubuhnya, Anda dapat membantu menghentikan perdagangan satwa liar ilegal dan perburuan. Sebab, selama masih ada permintaan pasar, maka dua jenis kejahatan terhadap satwa liar tersebut akan terus berlanjut.

Menjadi sukarelawan

Kita tak bisa selalu menyumbang dalam bentuk uang, tetapi kita dapat mendonasikan waktu dan tenaga. Sering kali, organisasi yang bergerak di bidang satwa liar atau pun kebun binatang memiliki program relawan. Anda juga bisa membantu dengan membersihkan pantai, menyelamatkan hewan liar, atau menginformasikan kepada wisatawan yang datang ke kota Anda tentang habitat lokal.

Tetap melek informasi

Pelajari lebih banyak tentang flora dan fauna di planet kita, termasuk yang berada dalam ancaman kepunahan. Cari tahu tentang cara-cara yang bisa Anda dan komunitas lakukan untuk menjaga dan melestarikan margasatwa. Tetap perbaharui informasi tentang isu lingkungan saat ini dan peduli terhadap dampak perilaku kita pada ekosistem dan satwa liar. Berpikir global, bertindak lokal.

Aktif menyebar informasi