Api Misterius Ini Telah Membara Setidaknya Selama 6.000 Tahun

By Utomo Priyambodo, Selasa, 4 Januari 2022 | 13:00 WIB
Lokasi api misterius di Australia. (Google Earth)

Nationalgeographic.co.id—Di sebuah taman nasional Australia, empat jam berkendara ke utara Sydney, ada api yang membara di luar kendali. Api ini telah membara setidaknya selama 6.000 tahun.

Dikenal sebagai 'Burning Mountain', api misterius di bawah tanah ini adalah api tertua yang diketahui di planet ini. Beberapa ilmuwan memperkirakan api itu mungkin jauh lebih kuno daripada yang kita pikirkan saat ini.

Terletak di bawah Gunung Wingen di negara bagian New South Wales, Australia, api bawah tanah ini adalah api lapisan batu bara. Wingen sendiri berarti 'api' dalam bahasa masyarakat Wanaruah setempat, komunitas penjaga tradisional wilayah ini.

Sejak menyala, api bawah tanah ini hampir mustahil untuk dipadamkan. Perlahan tapi intens, api ini melakukan perjalanan melalui lapisan batubara yang terbentuk secara alami terjadi di bawah permukaan bumi.

"Tidak ada yang tahu ukuran api di bawah Burning Mountain, Anda hanya bisa menduganya," ujar Guillermo Rein, seorang profesor ilmu api di Imperial College London di Inggris, seperti dilansir Science Alert.