Osilasi Frekuensi Tinggi Terdeteksi di Letusan Besar Bintang Neutron

By Wawan Setiawan, Rabu, 5 Januari 2022 | 14:00 WIB
Suar raksasa pada April 2020 ditangkap oleh teleskop luar angkasa, tahun lalu. Itu kemudian dilacak kembali ke magnetar (diilustrasikan) - sisa bintang padat yang sangat termagnetisasi - di galaksi asalnya. (Asociacion RUVID)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah tim ilmiah internasional dengan partisipasi Valencia yang luar biasa telah berhasil mengukur untuk pertama kalinya osilasi dalam kecerahan magnetar selama momen-momen paling ganasnya. Hanya dalam 10 detik, magnetar melepaskan energi yang setara dengan yang dihasilkan oleh matahari dalam 100.000 tahun. Pengamatan ini dilakukan tanpa campur tangan manusia, berkat sistem kecerdasan buatan yang dikembangkan di Image Processing Laboratory (IPL) Universitas Valencia dan instrumen ASIM, yang ada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Di antara bintang-bintang neutron, benda-benda yang dapat berisi setengah juta kali massa Bumi dalam diameter sekitar 20 kilometer ini, adalah magnetar, kelompok kecil dengan medan magnet yang paling kuat yang diketahui. Meskipun objek-objek ini hanya 30 saja yang baru diketahui, mengalami letusan dahsyat yang masih sedikit diketahui karena sifatnya yang tidak terduga dan durasinya hampir 10 detik. Mendeteksi mereka merupakan tantangan bagi sains dan teknologi.

Selama 20 tahun terakhir, para ilmuwan bertanya-tanya apakah ada osilasi frekuensi tinggi di magnetar. Tim baru-baru ini menerbitkan studi mereka tentang letusan magnetar ini di jurnal Nature pada 22 Desember 2021 dengan menyertakan judul Very-high-frequency oscillations in the main peak of a magnetar giant flare. Mereka mengukur osilasi dalam kecerahan magnetar selama momen-momen paling ganasnya. Episode ini merupakan komponen penting dalam memahami letusan magnetar raksasa. Pekerjaan itu dilakukan oleh enam peneliti dari Universitas Valencia dan kolaborator Spanyol.

Ilustrasi magnetar dengan 'lingkaran magnetik'. Ini adalah interpretasi data yang dikumpulkan oleh teleskop ruang angkasa XMM-Newton ESA tentang magnetar yang dikenal sebagai SGR 0418, yang membanggakan salah satu medan magnet terkuat di Semesta. Untuk mempertahankan medan magnet yang kuat seperti itu, magnetar harus memiliki medan magnet internal bengkok, yang memanifestasikan dirinya sebagai wilayah kecil di permukaan bintang, agak mirip dengan medan magnet lokal yang berlabuh di bintik matahari di Matahari. (ESA/ATG Medialab)

"Bahkan dalam keadaan tidak aktif, magnetar bisa 100.000 kali lebih bercahaya daripada matahari kita, tetapi dalam kasus kilatan yang telah kita pelajari dari GRB2001415, energi yang dilepaskan setara dengan yang dipancarkan matahari kita dalam 100.000 tahun," kata Alberto J. Castro-Tirado, peneliti utama studi ini dari IAA-CSIC, sebagaimana dilansir oleh Tech Explorist.

"Ledakan magnetar, yang berlangsung sekitar 10 detik, ditemukan pada 15 April 2020 di tengah pandemi," kata Víctor Reglero, profesor Astronomi dan Astrofisika di UV, peneliti di Image Processing Laboratory (IPL), rekan penulis artikel dan salah satu arsitek ASIM, instrumen di Stasiun Luar Angkasa Internasional yang mendeteksi letusan.

"Sejak itu kami telah mengembangkan pekerjaan analisis data yang sangat intens, karena itu adalah bintang neutron 10 ** 16 Gauss dan terletak di galaksi lain merupakan monster kosmik sejati," kata Reglero.

Para ilmuwan berpikir bahwa letusan di magnetar mungkin karena ketidakstabilan di magnetosfer mereka atau semacam "gempa bumi" yang dihasilkan di kerak mereka, lapisan kaku dan elastis setebal sekitar satu kilometer.

"Terlepas dari pemicunya, sejenis gelombang tercipta di magnetosfer bintang, yaitu gelombang Alfvén, yang terkenal di matahari, dan yang berinteraksi satu sama lain, kemudian menghamburkan energi," jelas Alberto, seperti yang dilaporkan SciTechDaily.

Para ilmuwan mencatat, “Getaran yang diamati dalam letusan sesuai dengan emisi yang disebabkan oleh interaksi gelombang Alfvén. Kerak bumi dengan cepat menyerap energi di dalam gelombang Alfven. Proses rekoneksi magnetik, dan karenanya pulsa yang diidentifikasi dalam GRB2001415, berakhir dalam beberapa saat, memudar 3,5 milidetik setelah ledakan awal. Volume ledakan diperkirakan sama atau bahkan lebih besar dari bintang neutron itu sendiri, berdasarkan pemeriksaan fenomena tersebut.”

Untuk pertama kalinya osilasi dalam kecerahan magnetar selama momen-momen paling ganasnya berhasil diukur. (NASA Goddard Space Flight Center, Chris Smith/USRA/GESTAR)