Monster Gargoyle di Atas Katedral Notre Dame, Mengawasi Kota Paris

By Galih Pranata, Selasa, 4 Januari 2022 | 15:00 WIB
Gargoyle di atas katedral Notre-Dame, terlihat seperti mengawasi Kota Paris pada tahun 1920. (Flashbak/Pinterest)

Nationalgeographic.co.id—Salah satu situs bersejarah di Kota Paris adalah katedral Notre Dame yang telah menjadi saksi pergolakan sejarah di Perancis. Sebuah katedral yang diyakini sebagai penjaga kota dari kehancuran.

Apabila melintasi kawasan Notre Dame de Paris, sebuah katedral bernuansa abad pertengahan, menyajikan pemandangan yang aneh dan unik. Kota Paris seperti sedang diamati oleh ratusan patung berbentuk aneh hingga mengerikan.

Katedral Notre Dame berdiri sejak pertengahan abad ke-13, dengan gaya arsitektur yang mencerminkan gaya seni abad pertengahan. Ia menjadi saksi dari evolusi dan revolusi bangsanya.

Gargoyle umumnya muncul di banyak gereja Khatolik sebagai simbol dari kekuatan, yang umumnya pada awal abad ke-12, lebih banyak digambarkan dalam bentuk naga-naga yang menakutkan.

Simbolisme katedral sebagai 'saksi' sepertinya dipersonifikasi oleh seorang arsitektur abad pertengahan. Anehnya, personifikasi katedral dibuat dengan batu-batu dengan bentuk-bentuk aneh dan cenderung menakutkan.

"Katedral telah dipersonifikasikan menjadi sosok-sosok batu yang aneh, bentuknya setengah manusia di bagian atapnya, yang mereka sebut dengan gargoyle," tulis Wolfgang Liar kepada Considerable.

Ia menulis tentang patung-patung batu aneh dan mengerikan di atas ketinggian katedral Notre Dame, dalam artikelnya berjudul The gargoyles of Notre Dame, witnesses to so much, yang terbit pada 2019.