Ingin Punya Bayi Laki-Laki? Simak Rahasia Cara Mendapatkannya

By Agnes Angelros Nevio, Minggu, 9 Januari 2022 | 11:00 WIB
anak bayi yang berusisa sekitar 5 bulan (KIDSPOT)

Nationalgeographic.co.id-Penelitian yang dilakukan oleh Corry Gellatly, seorang ilmuwan penelitian di universitas, telah menunjukkan bahwa laki-laki mewarisi kecenderungan untuk memiliki lebih banyak anak laki-laki atau lebih banyak anak perempuan dari orang tua mereka. Ini berarti bahwa seorang pria dengan banyak saudara laki-laki lebih mungkin untuk memiliki anak laki-laki, sedangkan seorang pria dengan banyak saudara perempuan lebih mungkin untuk memiliki anak perempuan.

Penelitian tersebut melibatkan studi terhadap 927 pohon keluarga yang berisi informasi tentang 556.387 orang dari Amerika Utara dan Eropa sejak tahun 1600.

“laki-laki lebih cenderung memiliki anak laki-laki jika mereka memiliki lebih banyak saudara laki-laki tetapi lebih mungkin untuk memiliki anak perempuan jika mereka memiliki lebih banyak saudara perempuan. Namun, pada wanita, Anda tidak dapat memprediksinya," jelas Gellatly.

Pria menentukan jenis kelamin bayi tergantung pada apakah sperma mereka membawa kromosom X atau Y. Kromosom X bergabung dengan kromosom X ibu untuk membuat bayi perempuan (XX) dan kromosom Y akan bergabung dengan ibu untuk membuat anak laki-laki (XY).

Studi Newcastle University menunjukkan bahwa gen yang belum ditemukan mengontrol apakah sperma pria mengandung lebih banyak kromosom X atau lebih Y, yang memengaruhi jenis kelamin anak-anaknya. Dalam skala yang lebih besar, jumlah pria dengan lebih banyak sperma X dibandingkan dengan jumlah pria dengan lebih banyak sperma Y memengaruhi rasio jenis kelamin anak yang lahir setiap tahun.

Baca Juga: 6 Negara Berikut Memiliki Kesetaraan Hak Kerja Antara Pria dan Wanita

Putra atau putri?

Gen terdiri dari dua bagian, yang dikenal sebagai alel, satu diwarisi dari setiap orang tua. Dalam makalahnya, Mr Gellatly menunjukkan bahwa kemungkinan pria membawa dua jenis alel yang berbeda, yang menghasilkan tiga kemungkinan kombinasi dalam gen yang mengontrol rasio sperma X dan Y;

-Pria dengan kombinasi pertama, yang dikenal sebagai mm, menghasilkan lebih banyak sperma Y dan memiliki lebih banyak anak laki-laki.

-Yang kedua, dikenal sebagai mf, menghasilkan jumlah sperma X dan Y yang kira-kira sama dan memiliki jumlah putra dan putri yang kira-kira sama.

-Yang ketiga, dikenal sebagai ff, menghasilkan lebih banyak sperma X dan memiliki lebih banyak anak perempuan.

“Gen yang diturunkan dari kedua orang tua, yang menyebabkan beberapa pria memiliki lebih banyak anak laki-laki dan beberapa memiliki lebih banyak anak perempuan, dapat menjelaskan mengapa kita melihat jumlah pria dan wanita secara kasar seimbang dalam suatu populasi. Jika ada terlalu banyak laki-laki dalam populasi, misalnya, perempuan akan lebih mudah menemukan pasangan, sehingga laki-laki yang memiliki lebih banyak anak perempuan akan mewariskan lebih banyak gen mereka, menyebabkan lebih banyak perempuan yang akan lahir di generasi selanjutnya,” kata peneliti Newcastle University Corry Gelatly.

Lebih Banyak Bayi Laki-laki Dilahirkan Setelah Perang