Para Peneliti Ungkap Kontroversi Penemuan Ular Berkaki Empat

By Agnes Angelros Nevio, Selasa, 11 Januari 2022 | 14:00 WIB
Fosil ular berkaki yang ditemukan di Brazil, Tetrapodophis amplectus. (Ilham Bagus Prastiko)

Nationalgeographic.co.id—Semuanya dimulai dengan klaim besar: para ilmuwan telah menemukan fosil ular berkaki empat pertama dari Brasil. Spesimen itu, bernama Tetrapodophis amplectus. Berukuran kecil—kira-kira seukuran pensil—dengan anggota tubuh yang mungil. Penemuan ini memberi ahli paleontologi petunjuk utama tentang hubungan antara kadal dan ular.

Para ilmuwan telah lama percaya bahwa ular kehilangan anggota tubuhnya melalui evolusi. Profesor biologi UTM Robert Reisz mengatakan ada catatan fosil ular yang sangat kaya yang memiliki adaptasi tengkorak ular, dan masih memiliki sisa-sisa anggota badan.

Akan tetapi, kesimpulan dari penemuan terbaru ini tidak sesuai dengan dia dan rekan-rekannya. Reisz sangat kecewa dengan temuan sains yang gegabah dan telanjur terbit di jurnal sains terkemuka. Dia bersama Michael Caldwell dari University of Alberta, menuntut untuk melihat fosil itu secara langsung. "Segera setelah publikasi asli (pada 2015), kami mengamankan akses ke spesimen dengan mengangkat neraka dan kemudian kami dapat mempelajarinya. Dan pada dasarnya kami pergi dan melakukan pekerjaan detektif kami dengan benar dan kami menemukan penjelasan alternatif yang jauh lebih masuk akal. bahwa ini bukan ular, tetapi kadal kecil."

Reisz mengatakan cara fosil itu pertama kali diperoleh menimbulkan tanda bahaya. Sekitar pertengahan abad ke-20, Brasil telah melarang ekspor fosil—tetapi artefak ini diekspor secara ilegal dan dibeli oleh seorang kolektor pribadi yang mengizinkan para peneliti untuk menerbitkan artikel tentangnya.

"Itu sangat tidak etis," katanya. "Ada undang-undang yang berlaku sekarang untuk melindungi (harta nasional ini) dan kita harus menghormatinya dan bekerja dalam sistem daripada tergoda oleh daya tarik fosil menarik yang Anda dapatkan melalui cara yang tidak etis."

Reisz dan Caldwell pergi ke Jerman untuk melihat artefak, yang disimpan di museum pribadi kecil yang memamerkan bahan-bahan dari wilayah tersebut, termasuk reptil Jurassic dan dinosaurus.

"Kami mempelajarinya kembali, menghabiskan beberapa hari dengannya, dan menemukan bahwa bukti yang tersedia jauh lebih baik daripada yang disajikan oleh (penulis) karena selain fosil yang sebenarnya, ada juga kesan yang luas," kata Reisz, menambahkan bahwa dia dan Caldwell mendapat banyak informasi dari kesan tengkorak spesimen.

Dia menjelaskan bahwa ketika fosil terbentuk, ia terbentuk di antara lapisan batuan. Kesan yang tercipta saat menjadi batu, bersama dengan sedimen, sangat berharga karena ketepatannya.

Dalam hal ini, batu tempat fosil diekstraksi terbelah—dengan kerangka dan tengkorak di sisi berlawanan dari lempengan itu. Bentuk masing-masing dipertahankan sebagai kesan di sisi yang berlawanan. Studi asli mengabaikan kesan alami yang menunjukkan bahwa tengkorak itu "lebih mirip kadal daripada seperti ular."

Reisz mengatakan ular memiliki tengkorak yang sangat mobile di mana banyak tulang berkurang dan yang lain saling terhubung secara longgar—terutama di sekitar ujung belakang tengkorak dan sendi rahang. Dia menambahkan bahwa ular juga dapat memindahkan beberapa tulang keluar dari jalan, sementara masih terhubung satu sama lain di tengkorak, untuk menelan mangsanya secara utuh.

Reisz dan Caldwell juga menemukan bahwa klaim penulis asli tentang susunan gigi spesimen adalah salah.