Mungkin Anda Ingin Membesarkan Tanaman Anda di Gudang Saja Secara Indoor

By , Selasa, 15 Agustus 2017 | 11:00 WIB

Di sebuah gudang di New Jersey, para hidroponik (tanaman tanpa tanah) duduk-duduk di kasur, di bawah naungan cahaya lampu dan berakhir di restoran tingkat atas juga toko grosir di New York City dan sekitarnya.

Bowery adalah salah satu dari beberapa start up pertanian indoor yang bertujuan untuk menemukan kembali pertanian dengan menggunakan teknologi baru, mulai dari lampu yang sangat efisien hingga perangkat lunak yang memonitor tanaman. Pendiri dan CEO Bowery, Irving Fain membicarakan tentang masa depan pertanian perkotaan dan mengapa hal itu menjadi penting.

Apa yang membedakan antara Bowery dengan pertanian tradisional?

Kita tumbuh dalam lingkungan yang terkendali sepenuhnya yang berarti kita dapat tumbuh 365 hari dalam setahun, dan benar-benar mandiri terhadap cuaca dan musim. Hidup dengan pasokan tepercaya juga berkualitas tinggi yang konsisten sepanjang tahun adalah awal yang sempurna dari berabad-abad memfungsikan cara bertani. Kami, menumbuhkan semua makanan kami tanpa pestisida, herbisida, fungisida, atau insektisida.

Bila Anda tumbuh seperti itu di ladang, Anda biasanya melihat penurunan substansial pada hasil panen. Dalam kasus ini, kita sebenarnya bisa dua kali atau lebih, tumbuh lebih cepat dari sejumlah tanaman yang ada di ladang. Kami menghasilkan 100 kali lebih produktif daripada 1 kaki persegi tanah pertanian outdoor, dan kami pun menghemat lebih dari 95 persen air.

Cara bertani kami begitu cepat, dan dekat pada titik konsumsi, sehingga waktu antara panen dan konsumsi adalah sebagian kecil dari apa yang dimiliki pertanian tradisional. Kita bisa membangun bisnis yang jauh lebih baik daripada yang dimiliki banyak petani tradisional saat ini.

Itu adalah persentase penghematan air yang mencolok. Mengapa demikian?

Kami membangun sebuah sistem yang memungkinkan kami untuk memantau, bagaimana tanaman tumbuh dan memberi mereka hanya apa yang mereka butuhkan, dan memberinya hanya saat mereka membutuhkannya. Jadi, kami jauh lebih bijaksana untuk memberi tanaman masukan nutrisi apa pun yang mereka butuhkan untuk tumbuh. Kami juga bisa mengalirkan ulang dan menggunakan kembali air tersebut.

Apa yang menginspirasi sehingga mulai mendirikan perusahaan?

Saya selalu percaya pada kemampuan teknologi untuk memecahkan masalah yang sulit. Ketika Anda melihat sistem pertanian saat ini, Anda melihat bahwa itu benar-benar berada di pusat gempa – baik secara langsung maupun tidak langsung – dari begitu banyak masalah global. Menurut PBB, pada tahun 2050 bumi kita akan terhuni oleh 9 sampai 10 miliar penduduk, dan kita memerlukan makanan antara 50 sampai 70% untuk memberi makan populasi yang terus tumbuh itu.

Makanan tambahan itu harus datang dengan memindahkan banyak tuas – bukan hanya apa yang kami lakukan di sini, memecahkan masalah ini, tapi mencari cara untuk menumbuhkan makanan dengan cara yang lebih efisien itu penting. Saya jadi sangat tertarik dengan pertanyaan ini: bagaimana Anda memberi makanan segar ke lingkungan perkotaan, dan bagaimana Anda melakukannya dengan cara yang lebih efisien dan lebih berkelanjutan?

Bowery secara vertikal menumpuk tanamannya untuk memaksimalkan ruang tanam. (Bowery via National Geographic)

Tentu saja, gagasan untuk menanam makanan secara indoor tidaklah benar-benar baru – apa yang berbeda dengan yang pernah ada?