Gerhana Matahari Total di Amerika Serikat Dari Masa ke Masa

By , Rabu, 23 Agustus 2017 | 19:00 WIB
()

The eclipse of July 29, 1878, by French-born astronomer-illustrator Étienne Léopold Trouvelot, (Wikipedia)

 

Berikut merupakan kilas balik dari fenomena gerhana matahari total yang terlihat di sekitar daratan AS. Dimulai dari pertengahan abad ke-19, ketika astronomi mulai mengalami perkembangan awalnya di era modern.

1869 (7 Agustus): Lintasan gerhana matahari total terlihat dari sekitar North Dakota hingga North Carolina. Tercatat oleh seorang petualang bernama George Davidson bahwa daerah Alaska juga dilintasi gerhana matahari total tersebut. 

()

1878 (29 Juli): Fenomena gerhana matahari total di masa ini merupakan yang pertama kali diamati menggunakan berbagai perangkat ilmiah. Salah satu daerah yang dilintasi fenomena ini, Wyoming, menjadi wilayah yang paling diamati terkait fenomena gerhana matahari total tersebut.  

()

1889 (1 Januari): Tahun baru pada tahun 1889 ditandai dengan munculnya kembali sang gerhana matahari total. Tercatat gerhana melintas dari utara kota San Fransisco dan singgah ke Kanada dari barat laut North Dakota. 

()

1900 (28 May): Gerhana matahari total melintasi sebagian besar wilayah AS bagian tenggara. The Smithsonian Astrophysical Observatory, bersama dengan fotografer Thomas Smillie melakukan ekspedisi dan penelitian terkait fenomena ini. Projek yang mereka kerjakan dinamakan "exceptional scientific achievement”.

()

1918 (8 Juni): Tahun ini menjadi penanda terakhir kalinya gerhana matahari terlihat dari coast to coast AS sebelum 2017 ini, mulai dari negara bagian Washington hingga Florida. Gerhana matahari total terlihat di kota Denver.

()