7 Tanda Anda Tidak Bugar

By , Rabu, 30 Agustus 2017 | 11:00 WIB

Anda mungkin begitu sibuk atau begitu malas sehingga tidak sempat berolahraga. Akibatnya dari hari ke hari Anda merasa semakin lemah, mudah capai, dan kurang bersemangat. Perutpun membesar dan gerakan menjadi lamban.

Nah, bila Anda kemudian merasa kesulitan melakukan gerakan-gerakan fitnes sederhana, mungkin sudah saatnya Anda memperbaiki gaya hidup sehari-hari. Berikut adalah 7 tanda sederhana Anda tidak lagi bugar:

1. Anda tidak bisa melakukan push up

Push up adalah gerakan yang baik untuk menentukan kebugaran seseorang, karena kita menggunakan otot-otot punggung, bahu, lengan, dan otot inti. Untuk melakukan push up sempurna, kita harus menurunkan badan sehingga hampir menyentuh lantai sebelum mengangkatnya kembali.

Ini memang gerakan berat, namun seseorang yang bugar seharusnya bisa melakukannya paling tidak beberapa kali. Kemampuan melakukan push up juga dipengaruhi usia, namun menurut kartu kebugaran, seseorang yang berusia di bawah 50 tahun mestinya bisa melakukan 5 hingga 10 kali push up agar bisa disebut bugar.

2. Perlu waktu lebih lama bagi detak jantung untuk melambat

Bila Anda berolahraga, maka jantung akan berdetak lebih kencang untuk memompa oksigen ke dalam tubuh. Detak jantung kita berkisar antara 140 hingga 190 detak per menit tergantung usia.

Saat kita beristirahat, detak jantung juga akan turun sekitar 20 detak per menit sampai mencapai detak normal. Bila Anda tidak bugar, penurunan detak jantung itu akan memerlukan waktu lebih lama. Namun bila Anda bugar, semakin cepat juga Anda pulih.

3. Lingkar pinggang membesar

Menurut Yayasan Jantung Nasional Australia, kita secara berkala sebaiknya mengukur lingkar pinggang untuk melihat apakah ada lemak berlebih di sekitar perut kita. Walau berat badan tidak selalu bisa dipakai untuk menentukan tingkat kebugaran, namun lingkaran lemak berlebih di pinggang menunjukkan bahwa seseorang tidak berada dalam kondisi bugar.

Selain itu, lemak berlebih di sekitar perut bisa menjadi ancaman bagi jantung, ginjal, hati, organ pencernaan, serta pankreas.

Kita bisa mengukur lingkar pinggang saat bernafas dengan normal, bukan sambil menahan nafas. Orang yang termasuk dalam kondisi bugar seharusnya memiliki lingkar pinggang di bawah 100 cm untuk pria, dan 89 cm untuk wanita.

4. Anda kehabisan nafas saat naik tangga