Studi Terbaru Ungkap Batas Hidup Manusia Hanya Sampai 125 Tahun

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 10 Januari 2022 | 12:00 WIB
Sebuah penelitian menemukan batas alami kehidupan manusia tidak lebih dari 125 tahun. Meskipun semakin banyak manusia yang hidup lebih lama setiap tahun, titik batas akhir tetap sama hanya 125 tahun. (Getty Images)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah penelitian baru menemukan bahwa batas alami kehidupan manusia tidak lebih dari 125 tahun. Meskipun semakin banyak manusia yang hidup lebih lama setiap tahun, namun titik batas akhir tetap sama.

Tidak ada manusia yang hidup lebih lama dari 122  tahun, usia yang dicapai oleh seorang wanita Prancis, Jeanne Calment, pada tahun 1997 silam. Para peneliti percaya bahwa ini karena ada batas usia yang tidak bisa dilewati manusia secara alami.

Penelitian yang dipimpin oleh Jan Vijg dari Albert Einstein College of Medicine di Bronx, New York menyelidiki apakah peningkatan rentang hidup manusia berarti usia 122 adalah maksimum.

“Argumen paling meyakinkan bahwa umur maksimum manusia tidak tetap adalah peningkatan harapan hidup yang berkelanjutan di sebagian besar negara selama abad terakhir,” kata para peneliti.

Namun, sebagian besar peningkatan harapan hidup berasal dari pengurangan besar kematian saat melahirkan dan bayi. Jika tidak ada batasan, kita akan melihat barisan orang yang lebih tua.

Untuk menguji teori tersebut, mereka mempelajari Database Internasional tentang Umur Panjang, yang mencatat usia kematian dari orang-orang di 41 negara antara tahun 1968 dan 2006.

Baca Juga: Manusia Tertua Berusia Lebih Dari 100 Tahun, Sebenarnya Berapa Lama Kita Bisa Hidup?

Para peneliti menemukan bahwa orang tetap hidup lebih lama, tetapi hanya sampai titik tertentu. “Tingkat peningkatan dalam puncak kelangsungan hidup dan kemudian menurun untuk tingkat usia yang sangat tua menunjuk ke arah berkurangnya keuntungan dalam pengurangan kematian usia lanjut dan kemungkinan batas umur manusia,” kata para peneliti.

"Berbeda dengan saran sebelumnya bahwa umur panjang manusia dapat diperpanjang lebih jauh, data kami sangat menyarankan bahwa durasi hidup terbatas," tulis para peneliti di Nature.

Dikutip Daily Mail, meskipun peningkatan besar dalam harapan hidup terlihat dalam 150 tahun terakhir, 'peningkatan dalam kelangsungan hidup dengan usia cenderung menurun setelah usia 100, dan bahwa usia kematian orang tertua di dunia tidak meningkat sejak 1990-an.

Tidak ada manusia yang hidup lebih lama dari 122, usia yang dicapai oleh seorang wanita Prancis, Jeanne Calment (foto), pada tahun 1997. (Daily Mail)

Temuan mereka juga didukung oleh angka usia kematian maksimum yang tercatat di database lain, yaitu dari Gerontological Research Group, yang mencatat kematian dari tahun 1972 hingga 2015.