Bagaimana Rasanya Menjadi Dalit, Kasta Paling Rendah di India?

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 11 Januari 2022 | 15:00 WIB
Kasta Dalit, India. (CNN)

Nationalgeographic.co.id—Sistem kasta India adalah salah satu bentuk stratifikasi sosial tertua di dunia yang bertahan. Sistem kasta ini mengkategorikan orang Hindu saat lahir, mendefinisikan tempat mereka dalam masyarakat, pekerjaan apa yang dapat mereka lakukan dan siapa yang dapat mereka nikahi.

Sistem kasta membagi umat Hindu menjadi empat kategori utama yaitu Brahmana, Ksatria, Waisya dan Sudra. 

Bagaimana kasta muncul?

Manusmriti, yang secara luas dianggap sebagai buku paling penting dan otoritatif tentang hukum Hindu dan berasal dari setidaknya 1.000 tahun sebelum Kristus lahir mengakui dan membenarkan sistem kasta sebagai dasar ketertiban dan keteraturan masyarakat.

Banyak yang percaya bahwa kelompok-kelompok kasta berasal dari Brahma, Dewa Penciptaan Hindu. Di puncak hierarki adalah para Brahmana yang sebagian besar adalah guru dan intelektual dan diyakini berasal dari kepala Brahma. Kemudian Ksatria, atau para pejuang dan penguasa, konon dari tangannya. Ketiga Waisya, atau para pedagang, yang diciptakan dari pahanya. Di bagian bawah tumpukan adalah Sudra, yang datang dari kaki Brahma dan melakukan semua pekerjaan kasar atau buruh.

Kasta utama dibagi lagi menjadi sekitar 3.000 kasta dan 25.000 sub-kasta, masing-masing berdasarkan pekerjaan khusus mereka. Di luar sistem kasta Hindu ini ada terdapat kasta "tak tersentuh" ​​atau Dalit.

Selama berabad-abad, kasta telah mendikte hampir setiap aspek kehidupan agama dan sosial Hindu, dengan masing-masing kelompok menempati tempat tertentu dalam hierarki yang kompleks ini.

Komunitas pedesaan telah lama diatur berdasarkan kasta - kasta atas dan bawah hampir selalu hidup dalam koloni yang terpisah, sumur air tidak dibagi, Brahmana tidak akan menerima makanan atau minuman dari Sudra, dan seseorang hanya dapat menikah dengan antar sesama kastanya.

Sistem memberikan banyak hak istimewa pada kasta atas sementara sanksi penindasan dari kasta bawah oleh kelompok-kelompok istimewa. Sering dikritik karena tidak adil dan regresif, namun peraturan dalam kasta tetap tidak berubah selama berabad-abad, menjebak orang ke dalam tatanan sosial.

Hingga pada akhirnya, sistem kasta India secara resmi dihapuskan pada tahun 1950, tetapi hierarki sosial berusia yang dikenakan pada orang sejak lahir itu masih ada dalam banyak aspek kehidupan.

Jutaan orang, sekitar 25 persen dari populasi India yang berjumlah 1,3 miliar orang, dikelompokkan di bawah kasta terjadwal (Dalit) dan suku terjadwal (Adivasis) dalam konstitusi India. Adivasis adalah penduduk asli India yang telah terpinggirkan secara sosial dan ekonomi selama berabad-abad.