Presiden Jokowi Resmikan Pesawat N219 dengan Nama Nurtanio

By , Jumat, 10 November 2017 | 16:00 WIB

Presiden Joko Widodo meresmikan Pesawat N219 dengan nama Nurtanio di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (10/11/2017). N219 adalah pesawat buatan lokal, kolaborasi antara PT Dirgantara Indonesia (DI) bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan pesawat N219 sebagai pesawat Nurtanio," ucap Jokowi.

Baca juga: N219, Pesawat Perintis Karya Anak Negeri

Pesawat ini melakukan uji terbang perdana di Landasan Pacu Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Rabu (16/8/2017) lalu.

N219 merupakan pesawat penumpang kapasitas 19 penumpang yang digerakkan dengan dua mesin turboprop produksi Pratt and Whitney.

Pesawat ini didesain sesuai dengan kebutuhan masyarakat, terutama wilayah perintis. Pesawat ini mampu terbang dan mendarat di landasan pendek sehingga mudah dioperasikan di daerah terpencil.

Baca juga: Sekelumit Kisah Perjalanan Dirgantara Indonesia

Penghormatan kepada sang perintis

Nama Nurtanio disematkan pada Pesawat N219 sebagai bentuk penghormatan kepada perintis industri pesawat terbang Indonesia, Laksamana Muda (Anumerta) Nurtanio Pringgoadisuryo.

Nurtanio Pringgoadisuryo (tni-au.mil.id)

Ia adalah sosok pembuat pesawat pertama all metal dan fighter Indonesia bernama Sikumbang yang berhasil diterbangkan pada 1 Agustus 1954. Ia dan rekan-rekannya merancang pesawat tersebut dengan menggunakan mesin-mesin tua dan material lain yang ada di gudang peninggalan Belanda. Kepercayaan diri yang ditimbulkan oleh Sikumbang pun mendorong lahirnya pesawat-pesawat lain : Kunang-kunang dan Belalang.