Perpustakaan Binhai Tianjin, 'Samudra Buku' di Negeri Tiongkok

By , Sabtu, 18 November 2017 | 12:00 WIB

rilisnya, firma arsitektur MVRDV menjelaskan bahwa bangunan lima tingkat tersebut memiliki fasilitas pendidikan yang luas, tersusun di sepanjang tepi interior dan dapat diakses melalui ruang atrium utama. Perpustakaan ini juga didukung dengan ruang layanan bawah tanah, penyimpanan buku, dan ruang arsip besar. 

Dari lantai dasar pengunjung dapat dengan mudah mengakses area baca untuk anak-anak dan orang tua, auditorium, pintu masuk utama, akses ke lantai atas dan akses ke kompleks budaya.

Lantai pertama dan kedua terdiri dari ruang baca, buku dan area ruang duduk. Sementara itu, di lantai atas terdapat ruang pertemuan, kantor, ruang komputer dan audio serta dua teras atas atap.

(Baca juga: Perpustakaan Tertua di Dunia Kembali Buka Usai Pemugaran)

Namun, fitur yang paling menarik perhatian adalah auditorium bola besar di tengah perpustakaan. Auditorium bola tersebut dikelilingi oleh deretan rak yang menampung 1,2 juta buku.

"Rak-rak buku itu sendiri merupakan ruang besar untuk duduk dan sekaligus berfungsi sebagai akses ke lantai atas," kata Winy Maas, salah satu pendiri MVRDV, dalam sebuah pernyataan.

Perpustakaan ini kian istimewa karena desain interiornya yang menonjolkan garis-garis melengkung dan sudut-sudut unik yang memanjakan mata para pengunjungnya.

"Sudut dan kurva dimaksudkan untuk merangsang kegunaan ruang yang berbeda, seperti membaca, berjalan, bertemu dan berdiskusi. Bersama-sama mereka membentuk 'mata' bangunan: untuk melihat dan dilihat," pungkas Maas.