Berbagi Semangat Perubahan Melalui Photopia

By , Senin, 11 Desember 2017 | 18:00 WIB

Dua belas bingkai kaca besar, berdiri tegak menyambut para pengunjung di Selasar La Moda, Plaza Indonesia, pada  4-10 Desember 2017. Di setiap bingkainya, terdapat empat foto yang menarik perhatian. Ini merupakan 48 karya terbaik dari para peserta kontes foto Photopia: Share for BRIghter Indonesia.

Photopia sendiri merupakan kontes foto yang diselenggarakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI), bekerjasama dengan Fotokita.net dan National Geographic Indonesia Kompas Gramedia, dalam rangka memperingati ulang tahun Bank BRI yang ke-122. Melalui Photopia, Bank BRI ingin menularkan semangat perubahan yang bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik ke depannya.

Direktur Konsumer Bank BRI, Handayani. (Dok. Fotokita)

“BRI ingin berpartisipasi untuk memberikan gambaran bagaimana terjadinya perubahan di Indonesia yang dibagikan dalam bentuk foto,” papar Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI, pada Awarding Ceremony Photopia, di La Moda, Plaza Indonesia, Sabtu (10/12).

Magazine Group Director - Kompas Gramedia, Elwin Siregar. (Dok. Fotokita)

Elwin Siregar, Magazine Group Director Kompas Gramedia, menambahkan, kontes foto merupakan cara  yang tepat untuk mengampanyekan perubahan. Hampir semua orang mengabadikan momen keseharian mereka dalam sebuah foto. Dan ini sangat mudah dilakukan di zaman digital seperti sekarang. “Momen itu harus dipelihara agar kemudian bisa menjadi inspirasi bagi orang lain yang melihatnya,” katanya.

Microsite dan Instagram

Kontes foto ini diikuti oleh fotografer amatir hingga profesional yang terbagi menjadi tiga kategori: umum, wartawan serta karyawan Bank BRI. Para peserta Photopia bisa mengirimkan karya foto terbaiknya sesuai dengan tema besar “Indonesia Kini”. Tema besar ini dibagi kembali menjadi tiga subtema, yakni,  “Kultur Digital Bank BRI”, “Yang Terbaik untuk Nasabah Bank BRI”, dan “Digdaya Sumber Daya Manusia Bank BRI”,

Para peserta  lalu bisa mengunggah hasil fotonya melalui microsite atau Instagram. Kontes foto melalui microsite telah berlangsung pada tanggal 10-23 November 2017. Sementara pada Instagram, kompetisinya diselenggarakan pada 7-23 November 2017. Khusus Instagram, para peserta wajib memfollow dan mention akun Instagram @bankbri_id dan @fotokitaid terlebih dahulu. Lalu, menyertakan tagar #FKHotshotxBRI #PHOTOPIA dan #IndonesiaKini pada foto yang di-upload.

Setelah periode unggah foto ditutup, total jumlah foto yang diterima panitia adalah sebanyak 2100 foto, dengan pembagian 1709 karya foto dari microsite dan 391 foto dari Instagram. Pada kompetisi melalui microsite, 1709 foto disumbang oleh kategori umum sebanyak 1.415 foto, kategori wartawan sebanyak 160 foto dan kategori karyawan Bank BRI sebanyak 134 foto.

Animo tinggi

Jumlah foto tersebut sebenarnya melebihi angka yang ditargetkan oleh Photopia. Awalnya, mereka mengira hanya akan ada 500 foto yang dikirimkan karena waktu pengiriman yang cukup singkat. Namun, ternyata, hasilnya bisa mencapai empat kali lipat. Para peserta foto pun berasal dari berbagai daerah di Indonesia -- mulai dari Aceh hingga Papua.

“Ini menunjukkan animo yang amat baik. Juga menandakan bahwa BRI memang menjangkau semua wilayah Indonesia dan ingin menjadi sahabat bagi nasabah,” ujar Handayani.

Karya foto yang dikirimkan kemudian diseleksi oleh tim juri yang terdiri dari Arbain Rambey (Senior Editor Foto Harian KOMPAS), Yuliandi Kusuma (Editor In Chief Digital Camera Indonesia), Edi Prijono (Perwakilan Bank BRI) dan Gregorius Bhisma Adinaya (Digital Editor National Geographic Indonesia dan Fotokita).

Para pemenang lomba foto Photopia. (Dok. Fotokita)

Di penjurian tahap 1, yang berlangsung pada 25 dan 26 November 2017 lalu, tim juri menyeleksi 2.100 foto menjadi 113 foto. Pada penjurian tahap 2 (27 November 2017), 113 foto disaring kembali untuk mencari 9 foto pemenang dengan rincian 3 foto dari kategori umum, 3 foto dari kategori wartawan, dan 3 foto dari kategori karyawan. Sedangkan penjurian foto melalui Instagram, juri hanya menentukan 1 foto pemenang Photopia FK Hotshot Competition.