Ternyata Lumba-lumba Memiliki Klitoris yang Mirip Dengan Manusia

By Agnes Angelros Nevio, Rabu, 12 Januari 2022 | 08:00 WIB
lumba-lumba betina memiliki klitoris yang hampir mirip dengan manusia (Robert Pitman/WDC)

Nationalgeographic.co.id—Lumba-lumba memiliki kehidupan seks yang aktif, dengan banyaknya aktivitas lain dan tidak hanya untuk reproduksi. Salah satu alasannya mungkin karena klitoris lumba-lumba betina yang menonjol memberikan kenikmatan seksual.

Pengamatan baru dari dekat pada jaringan klitoris dari lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncatus) mengungkapkan banyak kesamaan dengan klitoris manusia. Saraf sensorik yang melimpah dan jaringan spons di alat kelamin sahabat bersirip betina ini menunjukkan bahwa klitoris lumba-lumba mungkin sangat sensitif terhadap kontak fisik, seperti yang dilaporkan para peneliti 10 Januari 2022 di Current Biology.

Temuan menunjukkan bahwa klitoris lumba-lumba hidung botol kemungkinan memberikan kesenangan saat berhubungan seks, ditambah lagi karena lumba-lumba berhubungan seks sepanjang waktu, kata Patricia Brennan, ahli biologi evolusi di Mount Holyoke College di South Hadley, Mass.

Seks heteroseksual dan homoseksual adalah umum di alam liar. lumba-lumba, termasuk hewan yang memiliki seksualitas homoseksual (betina-betina). “Sepertinya lumba-lumba betina akan saling merangsang klitoris,” dengan moncong, sirip atau cacing, kata Brennan. Wanita juga melakukan masturbasi dengan menggosokkan klitorisnya ke objek di dasar laut.

Seperti anatomi reproduksi wanita pada umumnya, klitoris–pada banyak spesies, bukan hanya lumba-lumba–kurang dipelajari dibandingkan dengan alat kelamin jantan. Seperti halnya studi intens pertama klitoris anatomi pada manusia tidak dipublikasikan sampai 1998.

Selama penelitian terbaru Brennan pada anatomi vagina lumba-lumba ,klitoris lumba-lumba ukuran besar umum terangsang. Kurangnya penelitian sebelumnya mendorong Brennan dan rekan untuk memeriksa organ dan melihat di bawah tudung-termasuk di bawah tudung klitoris yang berkerut-area jaringan ereksi yang membesar di dekat pintu masuk vagina di mana kontak dan rangsangan penis selama sanggama mungkin terjadi.

Memotong klitoris dari spesimen lumba-lumba yang mati karena sebab alami, tim Brennan menemukan bahwa tubuh klitoris lumba-lumba disuplai oleh banyak saraf besar di permukaan kulit. "Jadi sama seperti manusia," katanya, "ini adalah area dengan sensitivitas tinggi."

CT scan dan diseksi juga mengungkapkan banyak fitur struktural yang mirip dengan klitoris manusia, meskipun berbeda dalam bentuk dan dengan jaringan yang lebih kenyal. Seperti pada manusia, klitoris lumba-lumba memiliki tubuh ereksi dengan lapisan padat jaringan ikat, terdiri dari serat kolagen dan elastin yang mempertahankan integritas struktural di bawah tekanan. Tim juga menemukan sel-sel kelamin, ujung saraf sensorik yang dienkapsulasi yang disebut "sel-sel kesenangan" pada manusia.

Bentuk klitoris juga berbeda antara lumba-lumba muda dan dewasa, tulis para peneliti. Betina remaja memiliki klitoris berbentuk C, sedangkan klitorisnya lebih besar dan berbentuk S pada betina dewasa reproduktif. Bentuk-bentuk bengkok ini, prediksi Brennan, mewakili keadaan santai daripada membesar. “Ketika jaringan itu terisi darah, itu akan menjadi lurus,” jelasnya.

Temuan baru ini “mencolok tetapi tidak mengejutkan,” catat Teri Orr, ahli ekologi fisiologis di New Mexico State University di Las Cruces yang tidak terlibat dalam penelitian ini. Orr, mantan postdoc dari Brennan, mempelajari alat kelamin lintas spesies. Seperti bonobo dan simpanse, katanya, dinamika kelompok lumba-lumba melibatkan ikatan dan pencarian kesenangan melalui seks.

Baca Juga: Satwa Langka Lumba-lumba Air Tawar Terlihat di Kalimantan Barat