Memilih Jus Buah Terbaik untuk Diet

By , Rabu, 13 Desember 2017 | 08:00 WIB

Ada begitu banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan, salah satu cara yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan jus buah sebagai minuman diet. Namun, apakah Anda sudah yakin bahwa jus buah yang Anda minum sudah tepat?

Anda bukan hanya harus memilih jus buah asli dan bukan sekadar minuman dengan sari buah, tapi Anda juga perlu memastikan bahwa jus yang Anda minum adalah jus buah yang mengenyangkan, sehingga tak bikin cepat lapar.

Seperti apa jus buah sehat yang bisa mengenyangkan Anda?

Anda sedang diet dan bingung menghitung jumlah kalori, gula, dan komposisi lain yang kemungkinan besar ada di minuman jus buah Anda? Sebenarnya, Anda tidak perlu khawatir, Anda hanya perlu memilih jus buah yang tepat untuk rencana diet Anda. Lalu, seperti apa jus buah sehat yang tepat untuk Anda yang sedang diet?

1. Pilihlah buah yang mengandung tinggi serat

Jika Anda sedang dalam masa diet untuk menurunkan berat badan dan berencana memasukkan jus buah ke dalam menu harian Anda, pilihlah buah yang mengandung tinggi serat, untuk membuat Anda kenyang lebih lama dan mengontrol asupan makanan yang Anda makan.

Makanan berserat merupakan asupan yang tepat untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Asupan berserat bisa membuat Anda kenyang lebih lama karena lebih lama dicerna, sehingga menekan keinginan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak atau melebihi apa yang Anda butuhkan.

(Baca juga: Mana yang Benar, Makan Buah Sebelum atau Sesudah Makan?)

Buah apa yang harus Anda pilih? Anda bisa memilh jambu biji, apel, jeruk, mangga, dan leci. Di antara buah yang telah disebutkan, jambu biji memiliki kandungan serat paling tinggi yaitu 5,4 gram, apel memiliki kandungan serat 2,4 gram, jeruk 2,4 gram, mangga 1,6 gram, dan  leci 1,3 gram.

Jambu biji mampu memenuhi kebutuhan serat harian Anda sebanyak 22%, apel sebesar 10%, jeruk 10%, mangga 6%, dan leci 5%.

2. Ketahui waktu yang tepat minum jus buah

Jika Anda sedang diet, Anda pasti mau tidak mau harus mematuhi jadwal makan agar tujuan diet Anda tercapai. Lantas, apakah Anda sudah tahu kapan waktu yang tepat untuk minum jus buah sehat?

Waktu yang tepat minum jus buah yang sangat disarankan adalah di pagi hari atau setidaknya setengah jam sebelum makan (Anda juga bisa minum jus buah satu jam sebelum makan).

Pagi hari menjadi waktu yang paling baik untuk minum jus buah, karena di pagi hari perut Anda masih dalam keadaan kosong. Makanan manis seperti buah yang dijadikan jus tidak akan terserap dengan baik jika diminum bersamaan dengan waktu makan.

Ada beberapa makanan yang memang mengharuskan Anda tidak mengonsumsinya secara bersamaan. Minum jus satu atau setengah jam sebelum makan bisa mengontrol nafsu makan Anda, terutama jika jus buah yang Anda pilih mengandung tinggi serat. Cocok sebagai minuman diet Anda.

3. Cari tahu porsi jus buah yang sesuai

Berapa kali Anda minum jus buah sehat dalam sehari? Tiga kali atau hanya satu kali? Menurut National Health Service porsi makan buah akan berbeda-beda pada setiap orang hal ini tergantung pada umur dan berat badan mereka.