Setelah Puluhan Tahun Dilarang, Bioskop Akan Kembali Dibuka di Arab Saudi

By , Rabu, 13 Desember 2017 | 09:00 WIB

Bioskop-bioskop di Arab Saudi akan kembali menayangkan film-film untuk pertama kalinya selama lebih dari 35 tahun. Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengumumkan pada Senin (11/12) akan mengizinkan bioskop untuk beroperasi kembali, sebagai bagian dari reformasi sosial yang diusung pangeran muda kerajaan tersebut

Pembukaan bioskop ini adalah bagian dari sejumlah langkah reformasi Arab Saudi. Bioskop-bioskop di Arab Saudi ditutup pada 1980an, di tengah gelombang ultra konservatif di negara tersebut. Banyak ulama Arab Saudi memandang film-film Barat dan bahkan film-film Arab yang dibuat di Mesir dan Lebanon sebagai penuh dosa.

Putera Mahkota Mohammed bin Salman berusaha mendobrak dogma ultra konservatif yang sudah berjalan berpuluh tahun, dengan dukungan ayahnya, Raja Salman.

(Baca juga: Pertalian Raja Saudi dan Presiden Kita)

Menurut pengumuman pada Senin, pemerintah meloloskan resolusi yang membuka jalan untuk pemberian izin kepda bioskop-bioskop film komersial. Bioskop pertama diharapkan akan mulai menayangkan film-film pada Maret 2018.

Beberapa langkah reformasi yang didukung oleh Putera Mahkota antar lain mencabut larangan mengemudikan kendaraan bagi perempuan tahun depan dan mengizinkan konser-konser serta hiburan lainnya untuk mayoritas generasi muda negara itu. Reformasi sosial ini adalah bagian dari visi 2030 untuk mendorong konsumsi dalam negeri dan menciptakan lapangan kerja.

Pengumuman ini disambut gembira oleh warga Arab Saudi yang mengekspresikan kegembiraan mereka melalui Twitter, dengan mengunggah gambar-gambar kotak popcorn dan gambar grafis orang-orang sedang menari, pingsan dan menangis. ?

"Ini berita yang spektakuler. Kami sangat terkejut," kata aktor dan produser, Hisham Fageeh.

Fageeh membintangi dan ikut memproduksi film Saudi, "Barakah Meets Barakah" oleh sutradara Mahmoud Sabbagh, yang diputar perdana di Festival Film Internasional Berlin pada February. Film yang disebut-sebut sebagai film komedi romantis pertama negara tersebut, menceritakan tentang pegawai negeri yang jatuh cinta pada seorang gadis Saudi, yang menjadi selebritas karena unggahan akun Instagramnya.

Meski bioskop-bioskop dilarang, para pembuat film dan penggemar film bisa menghindari sensor traditional ini dengan menonton film-fiom secara online dan melalui TV satelit. Banyak juga penggemar yang berkunjung ke negara tetangga seperti Bahrain dan Uni Emirat Arab hanya untuk menonton film.

Walaupun tidak ada bioskop di Arab Saudi, para pembuat film Saudi mendapatkan dukungan dari pemerintah dan pengakuan dalam beberapa tahun terakhir.

Misalnya, pemerintah mendukung festival film Saudi yang sudah tahunan berlangsung di Dhahran. Tahun ini sekitar 60 film Saudi akan ditayangkan dalam festival tersebut.

Film "Wadja" juga membuat sejarah pada 2013 dengan menjadi film Arab Saudi pertama yang masuk Academy Award, walaupun tidak dinominasikan untuk mendapat Oskar. Film ini disutradarai oleh sutradara perempuan Saudi, Haifaa al-Mansour dan syuting film seluruhnya dilakukan di Arab Saudi.