7 Fenomena Langit yang Tidak Boleh Dilewatkan Pada 2018

By , Sabtu, 30 Desember 2017 | 09:00 WIB

Hidup akan berjalan seperti biasa di Bumi -- dengan berbagai macam masalah dan pekerjaan yang menumpuk. Namun, di langit sana, hal-hal indah dapat dilihat dan ditemukan lagi pada 2018. Berikut tujuh fenomena angkasa yang akan terjadi di tahun depan:

Gerhana

Kita tidak akan melihat gerhana matahari total lagi di 2018. Meskipun begitu, ada tiga gerhana matahari sebagian dan dua gerhana bulan total yang bisa dilihat dari berbagai tempat di dunia.

Hujan Meteor

Setiap tahun, terjadi beberapa hujan meteor. Jika menangkap momen tersebut dengan kamera, Anda akan mendapatkan hasil foto yang spektakuler.

(Baca juga: Mengapa Meteor Dapat Meledak Saat Melewati Atmosfer?)

Dua hujan meteor terbaik yang wajib Anda lihat adalah Perseid dan Geminid. Perseid akan muncul di langit malam pada 12-13 Agustus dengan 60 meteor per jam. Sementara Geminid akan menyapa pada 13-14 Desember dengan 120 meteor per jam.

Jika Anda ingin menyaksikan hujan meteor sebanyak mungkin, lihat tanggal-tanggalnya di sini.

Lubang hitam

April tahun ini, proyek multi teleskop bernama Event Horizon Telescope berusaha untuk memotret cakrawala peristiwa lubang hitam. Pada pertengahan 2018, diperkirakan kita bisa melihat gambar pertama lubang hitam Sagitarius A tersebut.

Eksplorasi Bulan

Ini memang belum pasti, namun sepertinya penduduk Bumi akan berkunjung lagi ke Bulan. Orang terakhir yang menginjakkan kaki di Bulan adalah Eugene Cernan, astronaut NASA, pada 1972.

Di 2018 mendatang, India untuk pertama kalinya dalam sejarah, akan menempatkan rover di Bulan. Tiongkok dengan Chang’e 4 dan Chang’e 5-nya juga akan melakukan misi eksplorasi.