Kenali Penyebab Miokarditis, Penyakit Jantung yang Menyerang Anak Muda

By , Rabu, 17 Januari 2018 | 09:00 WIB

Radang adalah reaksi tubuh yang normal terhadap luka atau infeksi. Bayangkan jika jari Anda terluka. Biasanya pada waktu yang singkat, jaringan di sekitar luka membengkak dan menjadi merah. Gejala peradangan umumnya seperti ini. Sistem imun tubuh memproduksi sel khusus pada bagian luka dan melakukan perbaikan. Kadang, hal ini dapat mempercepat proses penyembuhan, tapi peradangan juga bisa menjadi sangat berbahaya.

Miokarditis adalah penyakit yang ditandai dengan peradangan pada otot jantung atau miokardium, yaitu lapisan otot dinding jantung. Otot ini bertugas memompa darah masuk dan keluar dari jantung ke seluruh bagian tubuh. Jika otot tersebut meradang, darah tidak akan terpompa dengan baik, sehingga menyebabkan permasalahan seperti detak jantung yang tidak teratur, kesulitan bernapas, dan pada kasus ekstrem bisa terjadi pembekuan darah, serangan jantung, stroke atau kerusakan jantung.

Baca juga: Manfaat Minum 3-4 Cangkir Kopi Perhari Bagi Kesehatan

Apa penyebab miokarditis?

Miokarditis umumnya disebabkan oleh virus, bakteri, atau infeksi jamur. Saat infeksi berusaha menyerang, sistem imun melawannya dengan melepas zat kimia untuk melawan penyakit. Ini yang menyebabkan peradangan terjadi. Namun, peradangan malah bisa melemahkan jantung. Beberapa penyakit autoimun, seperti lupus, dapat menyebabkan sistem imun melawan jantung, menyebabkan radang dan kerusakan. Sulit untuk menentukan apa tepatnya penyebab miokarditis, tapi berikut adalah beberapa penyebab yang potensial:

Virus

Virus adalah penyebab miokarditis paling umum. Beberapa di antaranya seperti coxsackie virus B, adenovirus (menyebabkan pilek) dan parvovirus B19 (menyebabkan ruam fifth disease). Kemungkinan lain meliputi echoviruses (penyakit gastrointestinal), Epstein-Barr (mononucleosis) dan rubella (campak). Penderita AIDS juga memiliki risiko yang lebih tinggi.

Bakteri

Walau jarang terjadi, miokarditis dapat disebabkan oleh staphylococcus, streptococcus, bakteri penyebab penyakit Lyme dan dipteri.

Jamur

Infeksi jamur candida, mold, dan jamur lainnya dapat menyebabkan miokarditis.

Parasit

Parasit adalah serangga kecil yang dibawa oleh serangga, yang dapat menyebabkan miokarditis dan penyakit lain. Parasit lebih umum terjadi di Amerika Tengah atau Amerika Selatan.