Yoga Wajah Membuat Penampilan Terlihat Tiga Tahun Lebih Muda

By , Rabu, 24 Januari 2018 | 16:00 WIB

"Buka mulutmu dan bentukkan huruf  'O' yang panjang. Lipat bibir atas ke gigi depanmu. Senyumkan lagi untuk mengangkat otot pipi itu!"

Saya mencoba melakukan gerakan "mengangkat pipi". Ini adalah salah satu dari 32 latihan wajah yang disebut-sebut sebagai olahraga wajah yang lebih dikenal sebagai "yoga wajah".

Program latihan ini, seperti juga gerakan sejenisnya, menjanjikan manfaat "menghapus garis-garis  halus dan keriput" dan "mengembalikan tampilan muda dan cerah" ke wajah saya.

Meskipun nemiliki klaim tersebut, bukti untuk yoga wajah, seperti banyak pengobatan anti-penuaan lainnya, telah terbatas - sampai sekarang.

(Baca juga: Yoga, Alternatif untuk Para Penderita Masalah Jantung)

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan bulan ini di JAMA Dermatology, para periset di Northwestern University menemukan bahwa latihan wajah selama 20 minggu menghasilkan kulit yang lebih kencang dan pipi yang lebih kencang – hasil ini terlihat dalam sekelompok kecil wanita paruh baya yang memiliki penampilan lebih muda, rata-rata, tiga tahun.

"Latihan ini memperbesar dan memperkuat otot wajah, sehingga wajah menjadi lebih kencang, lebih halus, dan memiliki bentuk seperti wajah orang yang berusia lebih muda," kata Murad Alam, wakil ketua dan profesor dermatologi di Universitas Northwestern di Amerika Serikat.

Profesor Murad Alam mengatakan olahraga atau latihan wajah, sambil menunggu penelitian lebih lanjut, bisa menjadi pengobatan alternatif (atau tambahan) dengan  "biaya rendah, tidak beracun" untuk operasi kosmetik dengan teknik merusak wajah atau invasive yang minimal.

Latihan wajah menguatkan otot

Seperti bagian tubuh kita yang lain, kulit kita mau tidak mau akan berubah seiring bertambahnya usia. Kulit menjadi kehilangan elastisitas dan volume, kita mengumpulkan garis-garis halus dan keriput, dan kulit yang halus dan kencang menjadi kendur dan turun.

Perubahan ini sebagian besar terjadi karena adanya penipisan bantalan lemak yang mendasari wajah kita, terletak diantara kulit dan otot.

"Lapisan lemak terdiri dari bantalan lemak seperti jigsaw yang saling berpaut dan menciptakan bentuk wajah. Seiring waktu, lapisan lemak ini menjadi lebih tipis dan meluncur turun, menciptakan keruntuhan dan kehilangan volume di wajah," kata Profesor Alam.

Gagasan di balik latihan wajah adalah memperbesar dan menguatkan otot wajah, secara teoritis mengembalikan volume wajah dan mengencangkan kontur wajah.

Penulis senior Emily Poon menjelaskan: "Jika otot di bawahnya menjadi lebih besar, kulit memiliki lebih banyak isian di bawahnya dan otot yang lebih kencang tampak membuat bentuk wajah lebih penuh."