5 Gejala Demam Berdarah yang Tidak Boleh Diabaikan

By , Kamis, 8 Maret 2018 | 17:00 WIB

Penyakit demam berdarah sering disalahartikan dengan penyakit lain ketika gejala awal muncul. Sebab ada beberapa gejalanya yang serupa dengan beberapa penyakit lain, seperti flu atau infeksi virus atau bakteri.

Bila tidak mendapat pengobatan segera, demam berdarah dapat berakibat fatal. Berikut ini ada  gejala demam berdarah yang tidak boleh diabaikan oleh pasien.

Gejala demam berdarah

Dilansir dari Web MD, gejala demam berdarah dimulai sekitar empat sampai sepuluh hari setelah pasien mendapat gigitan dari nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albocpictus.

Pada anak-anak yang sebelumnya tidak pernah terinfeksi demam berdarah cenderung memiliki gejala yang lebih parah dibanding dengan orang dewasa.

(Baca juga: Perbedaan Gejala Infeksi Virus Zika dan DBD)

Untuk itu, pasien dan keluarga perlu mengetahui perbedaan gejala demam berdarah yang muncul dengan  gejala penyakit lain sehingga tidak mengabaikannya.

Berikut beberapa gejala demam berdarah yang sebaiknya tidak boleh diabaikan oleh pasien.

1. Demam tinggi mendadak

Demam mungkin sering terjadi pada banyak penyakit. Namun pada DBD, demam terjadi secara mendadak dan banyak orang yang tidak tahu perbedaan demam biasa dengan demam dari DBD.

Perbedaan yang kontras antara gejala demam pada DBD dengan demam lain adalah demam DBD bisa mencapai 40Celcius. Demam yang terjadi akibat flu dan infeksi dari virus atau bakteri biasanya disertai dengan gejala bersin atau batuk sedangkan gejala demam pada DBD tidak demikian. Demam pada DBD bisa terjadi selama dua sampai tujuh hari.

2. Nyeri pada otot

Setelah demam terjadi, pasien akan merasakan nyeri pada bagian otot dan sendi. Gejala ini disertai dengan tubuh menggigil dan berkeringat.

3. Sakit kepala parah dan sakit pada bagian belakang mata

Beberapa jam setelah mengalami demam, gejala selanjutnya yang akan muncul adalah sakit kepala parah. Biasanya rasa sakit terjadi di sekitar dahi. Sakit kepala parah juga disertai dengan sakit pada bagian belakang mata. Ini merupakan gejala umum yang sering terjadi.

4. Mual dan muntah

Pada beberapa orang, masalah pencernaan juga bisa terjadi, seperti mual dan muntah. Selain itu, bagian perut atau punggung terasa tidak nyaman. Gejala ini bisa terjadi selama dua sampai empat hari.

5. Kelelahan

Demam disertai nyeri otot dan masalah pencernaan yang terjadi pada pasien DBD dapat menurunkan nafsu makan. Tentu hal ini menyebabkan tubuh menjadi kelelahan karena kurangnya asupan makanan dan sistem imun tubuh yang melemah.