Video Orangutan Merokok di Kebun Binatang Bandung Picu Kemarahan Dunia

By , Sabtu, 10 Maret 2018 | 14:28 WIB

Pada sebuah video yang viral di internet, terlihat seekor orangutan sedang mengisap rokok di dalam kandangnya di Kebun Binatang Bandung. Hal ini memicu kemarahan aktivis pembela hak-hak binatang di dunia

Dalam potongan gambar yang diambil pada Minggu lalu, seorang pengunjung melemparkan rokoknya ke dalam kandang primata.

Tak lama setelah itu, Ozon, orangutan berusia 22 tahun, mengambil rokok tersebut dan menghisapnya. Tingkah laku Ozon itu pun memicu tawa para pengunjung.

(Baca juga: Penguin di Antartika Ini Tertangkap Kamera Sedang Selfie)

Namun, aksi Ozon menghisap rokok ini juga memicu kemarahan banyak orang. Mereka mengecam tingkah laku pengunjung yang melemparkan rokok kepada Ozon.

Sementara itu, Marison Guciano, pendiri Animal Welfare Society, menyalahkan manajemen kebun binatang atas “lemahnya kontrol” terkait insiden tersebut.

Ini bukan pertama kalinya Kebun Binatang Bandung menjadi sorotan dunia karena skandal hak asasi hewan. Pada 2016, kebun binatang ini ditutup sementara setelah ditemukannya jenazah gajah Sumatra yang penuh memar.

Januari lalu, video beruang “kelaparan” yang meminta makanan kepada pengunjung juga viral. Membuat aktivis Indonesia yang dipimpin oleh Scorpion Wildlife Trade Monitoring Group meminta penutupan kebun binatang.

Petisi di change.org mengenai penutupan Kebun Binatang Bandung telah berhasil mengumpulkan satu juta tanda tangan. 

Perketat pengawasan

“Kami sangat menyesal mengenai kejadian tersebut. Padahal di lokasi terpasang jelas tanda larangan bagi pengunjung untuk memberikan makanan dan rokok kepada hewan” kata Sulhan Syafi’i, juru bicara Kebun Binatang Bandung.

Sulhan mengatakan, pengelola Kebun Binatang Bandung akan memperketat pengawasan ke depannya.