Ingin Membeli Kamera Traveling Terbaik? Pertimbangkan 6 Hal Ini

By , Selasa, 13 Maret 2018 | 11:30 WIB
(Rawpixel)

Aktivitas traveling rasanya tidak lengkap tanpa adanya dokumentasi. Apalagi saat ini setiap orang memiliki media sosial yang siap menampung berbagai foto perjalanan kita.

Selama ada dokumentasi, setiap momen yang terjadi saat traveling pun terabadikan seumur hidup. Namun untuk menghasilkan dokumentasi yang baik, tentu kita juga membutuhkan kamera terbaik.

Sejalan dengan perkembangan teknologi, kamera pun mengalami perkembangan sehingga muncul banyak sekali pilihan.

Baca juga: Pikirkan Sejenak, Apakah Kita Sudah 'Dikendalikan' oleh Smartphone?

Sayangnya, tidak semua kamera cocok untuk dibawa traveling. Oleh sebab itu, kami membantu Sahabat agar dapat menentukan kamera apa yang cocok dengan perjalanan Sahabat.

Mengingat saat ini jenis kamera semakin bervariasi, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih tipe kamera yang cocok. Beberapa pilihannya antara lain seperti di bawah ini:

Smartphone camera. Kualitas kamera smartphone saat ini sudah semakin mumpuni untuk dapat mengabadikan tiap momen di berbagai kondisi. Kamera smartphone pun menjadi alat fotografi paling praktis, mengingat kamu tidak perlu berat-berat membawa dua gadget sekaligus saat jalan-jalan. Terlebih lagi, saat ini banyak smartphone sudah memiliki kemampuan tahan terhadap air. Mengabadikan momen di laut tidak lagi menjadi halangan.

Ukuran dan berat merupakan dua hal yang harus dipertimbangkan saat memilih kamera traveling. Jika aktivitas traveling padat atau membutuhkan banyak pergerakan, akan lebih baik jika kita memilih kamera yang ringkas dan ringan. Action camera dan mirrorless bisa jadi pilihan yang tepat untuk aktivitas yang tak kenal istirahat.

Kegiatan traveling yang dilakukan setiap orang tentu berbeda-beda. Salah satu cara tepat untuk menentukan kamera terbaik adalah dengan mempertimbangkan kegunaannya.

Tanyakan kepada diri kita, apa yang akan difoto saat kamera ini dibawa? Apakah untuk memotret orang, pemandangan, makanan, atau foto bawah air? Bila kita lebih sering melakukan kegiatan outdoor seperti snorkeling, diving, berselancar, bersepeda gunung, terjun payung, atau olahraga ekstrem lainnya, maka action camera bisa jadi pilihan yang tepat.